STUDI KASUS SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 3 TAMBELANGAN KECAMATAN TAMBELANGAN KABUPATEN SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mohamad Sumarfakun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, mendiskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai perencanaan program, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi akademik di SMP Negeri 3 Tambelangan Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dua orang guru senior, dan sepuluh orang guru negeri dan honorer. Data dihimpun menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perencanaan program yang dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior tidak melibatkan semua komponen yang terkait sehingga mempengaruhi terhadap keberhasilan program supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik yang melibatkan kepala sekolah dan guru senior menggunakan metode langsung. Tindak lanjut supervisi sebatas pembinaan dan penguatan terhadap guru. Berdasarkan hasil di atas bahwa kegiatan supervisi akademik oleh kepala sekolah belum tercapai secara efektif untuk meningkatkan hasil pengajaran yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Abd. Kadim Masaong. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru.Bandung: Penerbit Alfabeta. 2013

Creswell W. John. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Diterjamahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar. 2015

Made Pidarta. Supervisi Pendidikan Kontektual. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. 2009

Ngalim Purwanto. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya. 2009

Piet A Sahartian. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. 2008

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta . 2009

________. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta. 2014

Sunani. Menggagas Supervisi kolega, alami, santai, dan terpokus.Jakarta: direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan

Dasar Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007

tentang Standar kepala Sekolah/Madrasyah. 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/re-jiem.v2i1.2439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Dr. Ali Nurhadi, S.Pd., M.Pd.
Call/SMS/WA: 081553530721     
email: mpijime@gmail.com

Map : -7.197888, 113.473839