MANAJEMEN STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA UNTUK MEMPERTAHANKAN PROGRAM ADIWIYATA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PAMEKASAN

Abstract views: 69 , PDF downloads: 56

Abstract

Strategic management is a series of processes or stages. The strategic management process provides managers with a combined framework for dealing with a variety of unique problems to identify new opportunities more easily and to estimate the strengths that could be used and weaknesses that should be corrected. This research uses a qualitative approach with descriptive type, the source of which is data obtained through interviews, observation, and documentation. The results showed that the teacher's strategic management in growing students' awareness to maintain Adiwiyata program, namely 1) Planning 2) Implementation 3) Evaluation every 3 months once. The supporting factors are: 1) Cooperation and cooperation between all elements of the school, 2) Following the existing regulations in school 3) Creating POKJA, 4) forming a picket schedule to monitor cleanliness, 5) Students do come from Adiwiyata elementary schools, 6) All teachers applying the Adiwiyata program to learning and organizational life. Inhibiting factors, namely: 1) The teacher's ignorance of the program and behavior that leads to the Adiwiyata program, 2) Family factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Abu & Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2007.

Amirullah. Manajemen Strategi Teori-Konsep-Kinerja, Jakarta: Mitra Wacana Media. 2015.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Arini, Robby, and Achmad Muhlis. "MANAJEMEN STRATEGIK MUTU REKRUTMEN TENAGA KEPENDIDIKAN DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA." re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 3, no. 1 (2020): 29-41.

Aziz, Abdul. Pengantar Manajemen dan Substansi Administrasi Pendidikan, Surabaya: Anggota IKAPI. 2017.

Aziz, Erwati. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2013.

Barnawi, Mohammad Arifin. Etika dan Profesi Kependidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

Basrowi & Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Darning, Andreas, & Sri Ngabekti. “Peran Program Adiwiyata dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SMK Negeri 2 Semarang” Jurnal Ilmu Pengetahuan Alam, Volume 5, Nomor 1. 2016.

Desy, Priyanto, & Supratiwi. “Evaluasi Program Adiwiyata di SMAN 11 Semarang” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Volume 1, Nomor 1.

Endang, Dkk. 2018. Sekolah Adiwiyata Panduan Implementasi Adiwiyata Mandiri di Sekolah, Jakata: Erlangga. 2013.

Handoko, Hani. Manajemen, Yogyakarta: Anggota IKAPI. 2009.

Iriantara, Yosal. Humas Sekolah, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2013.

Kadorodasih, ”Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata Di SDN Giwangan Yogyakarta.” Jurnal Hanata Widya, Volume 6, Nomor 4. 2017.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. Manajemen Kelas (Classroom Manajemen); Guru Pofesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, Dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta. 2015.

Khoirul, Muhamad Umam, ”Analisis Lingkungan Strategik dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam” Jurnal Al-Hikmah, Volume 4, Nomor 2. 2016.

Khori, Ahmad. “Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1. 2016.

Kusnawan, Aep. “Perencanaan Pendidikan Tinggi Dakwah Islam” Jurnal Ilmu Dakwah, Volume 4, Nomor 15. 2010.

Landriany, Ellen. “Implementasi Kebijakan Adiwiyata dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan lingkungan Hidup di SMA Kota Malang”, Jurnal Kebijkan dan Pengembangan Pendidikan, Volume. 2, Nomor. 1. 2014.

Lisdiana, Priyantini, & Eling. “Evaluasi PartisipasiSiswa dalam Pengelolaan sampah untuk Mendukung Program Skolah Adiwiyata” Jurnal IJC, Volume 4, Nomor 1. 2015.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2016.

Manab, Abdul. Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah, Yogyakarta: Kalimedia. 2015.

Maryani, Ika. “Evalusi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata ditinjau dari Aspek Kegiatan Partisipatif di SDN Ungaran 1 Yogyakarta” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Volume 1, Nomor 3. 2014.

Moleong, J. Lexy. Metodologi Penelitian Kulitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2005.

Muslicha, Anisa. “Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar pada Sekolah Adiiyata di DKI Jakarta” Jurnal Pendidikan, Volume 16, Nomor 2. 2015.

Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Pupuh & Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika Aditama. 2007.

R. Terry, George Leslie W. Rue. Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: PT. Bumi Aksara. 1992.

Ratna Dkk. “Strategi Pembinaan Sekolah Adiwiyata di Kota Batu”, Jurnal Wacana, Volume. 18, Nomor. 4. 2015.

Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia. 2013.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Kencana Prenadamedia Group. 2006.

Saroni, Mohammad. Analisis dan Strategi Meningkatkan Daya Saing Sekolah, Jogjakarta : Arr-Ruzz Media. 2017.

Silaban, J. Susi. “Implementasi Program Adiwiyata di SMP Negeri 20 Pekanbaru” Jurnal FISIP, Volume 4, Nomor 2. 2017.

Sugiyono. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta. 2011.

Sumarlin Dkk. “Persepsi dan Kepedulian Siswa Terhadap Pengelolaan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata”, Jurnal Geografi Indonesia, Volume. 27, Nomor. 1.2013.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009.

Ulinafiah, Diyasika, and Novan Ardy Wiyani. "Penciptaan Layanan Prima Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Perpustakaan IAIN Purwokerto." re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 2, no. 2 (2019): 223-239.

Published
2020-12-19
How to Cite
Rofiqi, Ahmad, and Usman Usman. 2020. “MANAJEMEN STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA UNTUK MEMPERTAHANKAN PROGRAM ADIWIYATA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PAMEKASAN”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 3 (2), 176-89. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i2.4249.
Section
Articles