Potret Kehidupan Umat Beragama (Studi Kasus Penolakan Wahabi-Salafi di Pamekasan Madura 2010—2023)

  • Ali Topan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract views: 343 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 269

Abstract

Ditinjau dari aspek keragaman, masyarakat Pamekasan termasuk masyarakat plural dari agama dan aliran keagamaan. Antarumat beragama masyarakat Pamekasan hidup rukun, damai, toleran dan moderat, namun di internal agama Islam sendiri sering terjadi konflik, penolakan dan intoleransi terhadap kelompok Wahabi-Salafi kerap kali terjadi sejak tahun 2010-2023. Maka dari itu, tujuan penelitian ini, mengapa kelompok Wahabi-Salafi ditolak di Gerbang Salam (Pamekasan)?. Metode yang digunakan berupa metode sejarah dengan penerapan empat langkah. Pertama, heuristik, proses pengumpulan sumber, sumber yang digunakan primer dan sekunder. Sumber primer berupa pengamatan peneliti dilapangan dan berita media online yang sezaman. Sedangkan sumber sekunder berupa buku, artikel ilmiah dan tulisan atau catatan yang ada relevansinya dengan penelitian ini. Langkah kedua, kritik sumber, dengan cara kritik eksternal dan internal. Langkah ketiga, interpretasi, dan langkah keempat, historiografi, mendeskripsikan data dalam bentuk tulisan dari hasil interpretasi. Temuan penelitian, Wahabi-Salafi ditolak di Pamekasan dikarenakan melakukan upaya menghilangkan tradisi keagamaan umat Nahdliyin dengan cara membid’ahkan dan mengharamkan. Sehingga terjadi “Benturan Tradisi Keagamaan”, satu sisi Wahabi-Salafi berupaya menghilangkan, dan sisi lain umat Nahdliyin menjaga dan mempertahankan tradisi keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, A. (2003). Islam Pribumi: Lokalitas dan Universalitas Islam dalam Perspektif NU.

A’la, A. (2018). Ijtihat Islam Nusantara: Refleksi Pemikiran & Kontektualisasi Ajaran Islam di Era Globalisasi & Liberalisasi Informasi. PW LTN NU Jawa Timur.

A’la, A., & DKK. (2018). Kontribusi Aliansi Ulama Madura (AUMA) dalam Merespons Isu Keislaman Dan Keumatan di Pamekasan Madura. Religió: Jurnal Studi Agama-Agama, 8(2), 7823–7830.

Amrullah, A. (2015a). Islam di Madura. Islamuna, 2(1), 59. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.654

Azisi, A. M., Setiyani, W., & Novitasari, H. (2022). Nahdlatul Ulama, Tradisi dan Wahabi: Penafian Pengikut Wahabi terhadap Tradisi Tahlilan Masyarakat Nahdliyin. Ansoruna: Journal of Islam and Youth Movement, 1(1), 1–26.

Busri, H. (2014). Islam di Madura (Abad 14-16 M) Perspektif Historis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

CNN Indonesia. (2021). Said Aqil: Ajaran Wahabi Jadi Pintu Masuk Terorisme. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210330150057-20-623889/said-aqil-ajaran-wahabi-jadi-pintu-masuk-terorisme

Damanhuri, F. (2012). Sejarah Aulaya’ Batu Ampar. Pamekasan.

Faruq, D. (2021). Nilai-Nilailokal Madura dalam Buku Kumpulan Cerpen“ Rokat Tase”Karya Muna Masyari dan Implikasinya dalam Pendidikan Karakter. Nosi, 9(2), 204–219.

Fatmawatun. (2019). Kritik Terhadap Teologi Wahabiyyah di Indonesia dalam Pemikiran Said Aqil Siradj. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49955

Hamdi, S. (2019). De-Kulturalisasi Islam dan Konflik Sosial dalam Dakwah Wahabi di Indonesia. Jurnal Kawistara, 9(2), 164. https://doi.org/10.22146/kawistara.40397

Hamid, A. (2017). Hutang Palêan: Studi Terhadap Perilaku Masyarakat Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura. EKONOMIA: Junarl of Islamic and Social, 1(1).

Hannan, A., & Abdillah, K. (2019). Hegemoni Religio-Kekuasaan dan Transformasi Sosial Mobilisasi Jaringan Kekuasaan dan Keagamaan Kyai dalam Dinamika Sosio-Kultural Masyarakat. Sosiologi Budaya, 16(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sb.v16i1.7037

Hannan, A., & Haryanto, E. (2019). Neo Sufisme dan Gerakan Sosial Agama-Politik di Madura: Studi Gerakan Islamisme Aliansi Ulama Madura (AUMA) dalam Dinamika Religio-Politik Masyarakat Madura. PROCEEDINGS of Annual Conference For Muslim Scholars, 3(1), 894–904. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/an coms.v3i1.304

Hannan, A., & Syarif, Z. (2022). Konservatisme vs. Moderatisme: Kontestasi Pemikiran Keagamaan Kontemporer di Kalangan Ormas Islam Lokal di Madura, Indonesia. Fikrah, 10(2), 329. https://doi.org/10.21043/fikrah.v10i2.16475

Hasan, N. (2013a). Dinamika Kehidupan Beragama Kaum Nahdiyin Salafi di Pamekasan Madura. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 8(September), 84–102.

Hasan, N. (2013b). Dinamika Kehidupan Beragama kaum nahdiyyin Salafi di Pamekasan Madura. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 84–102. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/islamica.2013.8.1.84-102

Hasbi Aswar. (2016). Politik Luar Negeri Arab Saudi dan Ajaran Salafi-Wahabi di Indonesia. Jisiera: The Journal Of Islamic Studies And International Relations, Vol. 1., 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4606669

Huda, K. (2021). Buku Ajar Metode Penulisan Sejarah. UNIPMA Press Universitas PGRI Madiun.

Jannah, H. (2020). Ulama Perempuan Madura. IRCiSod.

Jonge, H. de. (1989). Madura dalam Empat Zaman: Pedagang, perkembangan Ekonomi dan Islam. Gramedia.

Kosim, M. (2023). Islam di Madura. IAIN Madura. https://iainmadura.ac.id/berita/2023/11/islam-di-madura

Madali, E. (2021). Reformisme Hukum : Pendahuluan Dakwah yang diusung oleh Muḥammad ibn ‘ Abd al - Wahhāb adalah selalu kembali ke sumber utama Islam , yakni Al- Qur ’ an , Sunnah , dan ijmaʻ , sebagaimana yang dilakukan oleh umat Islam dari masa Nabi Muḥammad saw hingga ab. 1, 126–156.

Madjid, M. D., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Kencana.

MaduraNewsmedia.com. (2016). Gasper Haramkan Da,i Syafiq Riza Datang ke Pamekasan. MaduraNewsmedia.Com. https://maduranewsmedia.com/terkini/gasper-haramkan-dai-syafiq-riza-datang-ke-pamekasan/

Masodi. (2017). Negosiasi Identitas Antara Nu dan Muhammadiyah (Studi Kasus di Desa Gladak Anyar Kecamatan Kota Pamekasan Kabupaten Pamekasan). In Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Membongkar Wahabi-Salafi. (2014). Pendidikan Keagamaan.

muhammad kahfi. (2019). Muhammadiyah Gerakan Islam Berkemajuan: Selayang Pandang | SIASAT. Siasat, 4(November), 39–46. https://siasatjournal.id/index.php/siasat/article/view/15

Mujani, S. (2007). Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia Pasca-Orde Bari. PT Gramedia Pustaka Utama.

Munfaridah, T. (2017). Islam Nusantara Sebagai Manifestasi Nahdlatul Ulama (Nu) Dalam Mewujudkan Perdamaian. Wahana Akademika, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v4i1.1476

Mustakim. (2023). bangkalan dalam lintas enam zaman: dari prasejarah sampai kemerdekaan.

Online, N. (2014). Ribuan Santri Pamekasan Demo Tolak Tokoh Wahabi. https://nu.or.id/daerah/ribuan-santri-pamekasan-demo-tolak-tokoh-wahabi-Zbo2Q

Online, N. (2015). Apa yang Dimaksud dengan Islam Nusantara? https://www.nu.or.id/nasional/apa-yang-dimaksud-dengan-islam-nusantara-QloHO

Pos.co, J. (2023). Dinilai Memfitnah tokoh pendiri NU, Aswaja Pamekasan Segel Masjid Utsman bin Affan. Jatim Pos.Co. https://www.jatimpos.co/peristiwa/11090-dinilai-memfitnah-tokoh-pendiri-nu-aswaja-pamekasan-segel-masjid-utsman-bin-affan#google_vignette

Purnomo, U., & DKK. (2023). Teologi Wahabi: Sejarah, Pemikiran dan Perkembangannya. EL-ABADI: Jurnal Studi Islam, 02(01), 45–61.

Raffles, T. S. (2008). The History of Java. Narasi.

Ramadhan, R. B., & DKK. (2021). Harmoni Lintas Mazhab: Menjawab Problem Covid-19 dalam ragam perspektif. Lembaga Ladang Kata.

Sari, Y., & DKK. (2022). Analisis Wacana dan Resolusi Konflik (Perdamaian). GUEPEDIA.

Schwartz, S. S. (2007). Dua Wajah Islam: Moderatisme VS Fundamentalisme dalam Wacana Global. Blantika.

Sirodj, S. A. (2014). Islam Kalap, Karib. Daulat Press.

Soraya, N. (2021). Islam dan Peradaban Melayu. Desanta Muliavistama.

Suyatno, & DKK. (2018). Kemuhammadiyaan. Suara Muhammadiyah.

Syarif, Z., & Hannan, A. (2020). Agama dan Politik:Konstelasi Pemikiran antara Kelompok Kultural dan Struktural pada Kalangan KiaiPesantren di Madura. Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 11(1), 47–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/maw.v11i1.1174

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Topan, A. (2022). Respons Aliansi Ulama Madura ( AUMA ) terhadap Dinamika Politik Keagamaan di Pamekasan Madura. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 94. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v4i1.5576

Topan, A. (2023). Toleransi Antar Umat Beragama; Studi Kasus Network Gusdurian Pamekasan Madura. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 105–122. https://doi.org/10.19105/ejpis.v5i1.6881

Topan, A. (2024). Moderasi Beragama: Studi Atas Multikulturalisme di Lingkungan Vihara Avalokitesvara Pamekasan Madura 1998-2022. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tribun Madura.Co. (2023). Masjid di Pamekasan Disegel Ribuan Warga, Ceramah Ustaz Yazir Hasan Jadi Pemantik. https://jatim.tribunnews.com/2023/01/25/masjid-di-pamekasan-disegel-ribuan-warga-ceramah-ustaz-yazir-hasan-jadi-pemantik

Tribunjatim.com. (2023). Alasan PCNU Tolak Kedatangan Hanan Attaki di Pamekasan: Dakwah itu Menenteramkan. https://jatim.tribunnews.com/2023/02/13/alasan-pcnu-tolak-kedatangan-hanan-attaki-di-pamekasan-dakwah-itu-menenteramkan

Ulum, R. (2016). Salafi-Wahabi vs NU (Pertentangan Keberadaan STAI Ali bin Abi Thalib di Semampir Surabaya). Harmoni, 15(1), 68–78.

Wahyudi, Y. (2009). Gerakan Wahabi di Indonesia (Dialog dan Kritik). Bina Harfa.

Wijaya, A. (2020). menatap wajah islam indonesia. IRCiSod.

Yunanda, R. R. (2019). Radikalisme dalam Persfektif Islam Dayah di Aceh. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (Jisa), 2(2), 138. https://doi.org/10.30829/jisa.v2i2.6383

Zamzami, M. (2017). Kontibusi Forum Kiai Muda (Fkm) Madura dalam Membangun Islamisme Di Pamekasan. In Proceedings of the International Conference on Muslim Society and Thought: Vol. Surabaya,.

Zikra, A., Irham, M. I., & Wanto, S. (2023). Sejarah Peradaban Islam di Pulau Madura. Journal on Education, 5(2), 3129–3136. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.975

Published
2024-06-09
How to Cite
Topan, A. (2024). Potret Kehidupan Umat Beragama (Studi Kasus Penolakan Wahabi-Salafi di Pamekasan Madura 2010—2023). Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 67-86. https://doi.org/10.19105/ejpis.v6i1.12589
Section
Articles