PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI MTS AL-ABROR BLUMBUNGAN PAMEKASAN
Abstract
Media audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman, meliputi media yang dapat dilihat, didengar dan yang dapat dilihat dan didengar. Penekanan utama dalam pengajaran audio visual adalah pada nilai belajar yang diperoleh melalui pengalaman kongkret, tidak hanya didasarkan pada kata-kata belaka.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs Al-Abror. Kedua, Bagaimana meingkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Abror pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual. Apa saja nilai-nilai nasionalisme yang terkandung dalam mata pelajaran IPS. Dari permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di MTs Al-Abror Blumbungan Pamekasan, (2) mengetahui penggunaannya dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di MTs Al-Abror Blumbungan Pamekasan.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan tiga carayaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas VIII.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual pada mata pelajaran IPS dengan materi kolonialisme dan imperialisme mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas VIII. Bukti secara kuantitatif dapat diketahui adanya peningkatan dalam uji variabel motivasi dari pertemuan pertama 48% dan pertemuan kedua 71% dan pertemuan ketiga 89%. Dari hasil test juga mengalami peningkatan dari pre test rata-rata 72,5 dengan persentase ketuntasan 48%, post test I rata-rata 79,4 dengan persentase ketuntasan nilai 84%, post test II rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan 100% dan hasil ulangan harian rata-rata 85,6 dengan persentase ketuntasan 100%.
Dari ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa sangat menentukan hasil belajar siswa. Makin tepat motivasi yang diberikan maka akan makin berhasil pula pelajaran itu. Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa. Jadi motivasi belajar pada siswa harus selalu digerakkan dengan cara selalu memberikan metode, strategi dan pendekatan yang variatif agar siswa selalu semangat dalam mengikuti pelajaran.
Downloads
References
Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo.
Ahmad Susanto, Pengembangan Pembelajaran IPS. 2016. Jakarta :Prenadamedia Group.
Magorani,Siti Halifah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Tou Kabupaten Banggai”. Jurnal Kreatif Tadulako Online No. 11.
R.Ibrahim dan nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Wina Sanjaya. 2014. Startegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.