PROBLEMATIKA MAHASANTRI DALAM TAHFIZ Al-QUR’AN (STUDI DI PONDOK PESANTREN ZIYADATUT TAQWA)

  • Ach. Shofwan Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nur Indah Mansyuri Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 63 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 46

Abstract

To maintain the authenticity of the Qur'an, its maintenance is necessary so that Muslims do not lose their way. One of them is by memorizing the Qur'an. Qualitative approach with the type of field research. Problems of Mahasantri in memorizing the Qur'an at the Ziyadatut Taqwa Islamic Boarding School are as follows: first, external factors include the friendship environment and smartphones. Second, Internal Factors include time management, laziness or lack of seriousness in memorizing the Qur'an, lots of thoughts and controlling passions. Solutions to solving problems at the Ziyadatut Taqwa Islamic Boarding School are as follows: first, external factors include creating a good environment, limiting the use of smartphones and timesheets. Second, Internal includes increasing good motivation, good time management, being carried out in earnest, being good at choosing friends and finding a comfortable place.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulwaly, Cece. Mitos-mitos Metode Al-Qur’an. Yogyakarta: Laksana, 2017.
Abdulwaly, Cece. 60 Godaan Penghafal Al-Qur’an dan Solusinya Mengatasinya. Sukabumi; Farha Pustaka, 2019.
Al-Hafidz, Ahsin W. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
As-Sirjani, Raghib dan Abdurrahman Abdul Khaliq. Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an. Solo: Aqwam, 2007.
Atkinson, R. C. dan R. M. Shifrin. “Human Memory: A Proposed System and its Control Processes” dalam K. W. Spence dan J.T. Spence, “The Psychoology of Learning and Motivation” Andvances in Research and Theory, Vol. 2. New York: Academic Press, 1968.
Ezani, Bici Jesni dan Rufran Zulkarnain “Manajemen Waktu Lansia Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qour’an At-Tartil,” Journal Of Lifelong Learning, Vol. 4, No.1. Juni, 2021. DOI: http://doi.org/10.33369/joll.4.1.29-36.
Fatmawati, Eva. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an,” Isema, Vol. 4, No. 1. 2019. DOI: http://journal.Uinsgd.ac.id/index.php/isema.
Faqihuddin, Ahmad, Siti Nurina Hakim, dan Syamsul Hidayat, “Faktor-faktor yang Memengaruhi Ketertarikan Mahasiswa dalam Menghafal Al-Qur’an,” Prosiding Seminar Nasional Psikologi Indigenous Indonesia. Agustus, 2016.
Hanafi, Muchlis Muhammad. Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019.
Lahey, Benjamin B. Psychology an Introductuion. New York: McGraw-Hill, 2011.
Luthfiyah, Uul. “Implementasi Tahfidz Al-Qur'an Metode Menggnakan Irhamna (Program Tahfidz 30 juz pada Kelas Takassus Lima Bulan di Pondok Pesantren Irhamna Bil Qur'an Pandeglang)” (Skripsi, IIQ Jakarta, Jakarta, 2016)
Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Muliatama, Elfa, dan Hanifuddin. “Implementasi Metode Ilham dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an,” Education and Development, Vol. 10, no. 2. Mei, 2022.
Mundiri, Akmal dan Irma Zahra. “Implementasi Metode STIFIn dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an STIFIn Paiton Probolinggo” Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5, No. 2. 2017. DOI:https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.201-223.
Noer, Ali, dkk. “Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implementasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia,” Al-Hikmah Vol. 14, No. 2. Oktober, 2017. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028.
Oktapiani, Marliza. “Tingkat Kercerdasan Spiritual dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Tahdzib Akhlak, Vol. 1, No. 3. 2020. DOI https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3il.861.
Putra, Fadli Padila. Khadijah dan Azhariah Fatia, “Pengaruh Motivasi Menghafal Al -Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri,” Jurnal Cerdas Mahasiswa, Vol. 3, No. 2. 2021. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/cerdas/article/view/3515/2168.
Raihaniah dan Widya Masitah. “Pengaruh Motivasi Eksternal Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan,” Edumaniora, Vol. 1, No. 2. 2022.
Ramadhan, Harry. “Dauroh Qur’an 40 Hari Hafal 30 Juz & Faham Terjemahannya,” Pesantren Tahfizh Al-Qur’an MataQu, diakses dari https://www.pesantrentahfidzmataqu.com/program/dauroh-al-quran.html, pada tanggal 20 Oktober 2022 pukul 07.30 WIB.
Rizqiyah, Shinta Ulya dan Partono, “Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpang Krasak Jati Kudus,” Ma’alim, Vol. 3, No. 2. Desember, 2022. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.4927.
Saputra, Doni. “Implementasi Metode Tasmi’ dan Takrir dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri,” SALIMIYA, Vol. 2, No.4. Desember, 2021.
Sari, Kartika. “Menghafalkan Al-Qur’an Hanya Setahun di Pesantren Asy-Syahadah Surabaya,” Jawa Pos, diakses dari https://www.jawapos.com/features/11/10/2019/menghafalkan-alquran-hanya-setahun-di-pesantren-asy-syahadah-surabaya/, pada tanggal 21 Oktober 2022 pukul 07.05
Taftajani, Ahmad. “Di Pesantren ini Santri Hafal 1 Juz Per Hari,” Tahfidz Irhamna Bil-Qur’an, diakses dari https://irhamnabilquran.or.id/pesantren-quran-pandeglang/berita_pesantren_detail/Di-Pesantren-Ini-Santri-Hafal-1Juz-Per-Hari/75.html, pada tanggal 21 Oktober 2022 pukul 06.35 WIB.
Wiyarti, Herwit Arsita dan Imam Setyawan. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Menghafal Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta,” Empati, Vol. 6, No. 4. Oktober, 2017. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19985.
Yusuf, Wiwin Fachrudin. “Hubungan Dukungan Sosial dan Self Acceptance dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Huda Singosari Malang,” Psikologi, Vol. 3, No. 1. September, 2015.
Published
2023-09-30
Section
Journal Articles