TELAAH PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM NOVEL “KEMI” KARYA ADIAN HUSAINI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

  • Anni Siaturrahmah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Maimun Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 150 , PDF downloads: 181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pemikiran Islam liberal dalam novel ‘Kemi” karya Adian Husaini dan untuk menganalisis model pemikiran Islam liberal dalam novel “Kemi” karya Adian Husaini perspektif pendiidkan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 model pemikiran Islam liberal, dan model-midel tersebut sudah mulai menyebar dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan konsep baru dalam dunia pendidikan, seperti yang ditawarkan oleh Adian Husaini yaitu berupa konsep ta’dib.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Fretie. “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam pada Anak usia Dini.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, No.1 2022.
Amin, Samsul Munir. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah, 2016.
Habibah, Sulhatul. “Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa.” Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, No.1 Januari, 2018.
Hakim, Lukman. “Mengenal Pemikiran Islam Liberal.” Jurnal Substantia 14, No.1 April, 2011.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, teoritis dan aplikatif. Batu: Literasi Nusantara, 2019.
Herlinawati, dkk. Persepsi Masyarakat terhadap Perfilman Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Husaini, Adian. Beginilah Pendidikan Nasional yang Ideal : Konsep, Aplikasi, Tantangan dan Solusinya. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa, 2022.
---------. Islam Liberal: Sejarah, Konsepsi, Penyimpangan, dan Jawabannya. Jakarta: Gema Insani, 2002.
---------. Kemi: Cinta Kebebasan yang Tersesat. Jakarta: Gema Insani Press, 2010.
---------. Pendidikan Islam: Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045, Kompilasi Pemikiran Pendidikan. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa, 2018.
Imaduddin, Mujahid. “Dampak Liberalisasi Pemikiran Islam terhadap Kehidupan Sosial.” Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam 15, No.1 Maret, 2017.
Juono, Ribut Purwo. “Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Pendidikan Hamka dalam Tafsir al-Azhar).” Jurnal Studi Keislaman 15, No.1 Juni, 2015.
Kementrian Agama RI, Al-Ansa (Al-Qur’an Terjemah Per Kata Latin dan Kode Tajwid). Surabaya: Nur Ilmu, 2020.
Mahfud. “Dinamika pemikiran Islam di Indonesia.” Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, dan Teknologi 20, No.1 Maret, 2021.
Mas’ud, Abdurrahman. Paradigma Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Yogyakarta: IRCiSoD, 2021.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Mufid, Ahmad Syafi’i. “Paham Ahlu Sunnah Wal Jama’ah dan Tantangan Kontemporer dalam Pemikiran dan Gerakan Islam di Indonesia.” Harmoni 12, No.3 September-Desember, 2013.
Mugiyono. “Perkembangan Pemikiran Dan Peradaban Islam Dalam Perspektif Sejarah.” Jurnal Ilmu Agama 14, No. 1 Juni, 2013.
Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Wacana Kesetaraan Gender: Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Gerakan Feminisme Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, No.2 Desember, 2013.
Pahleviannur, Muhammad Rizal dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. t.t.:Pradina Pustaka: 2022.
Ridwan, Muannif dkk. “Sumber-Sumber Hukum Islam dan Implementasinya (Kajian Deskriptif Kualitatif Tentang Al-Qur’an, Sunnah. Dan Ijma’.” Borneo: Journal of Islamic Studies 1, No.2, Januari-Juni, 2021.
Rivai, Zaky Ahmad. Islam Gak Liberal. Depok: Gema Insani, 2015.
Sudarto, Muiz. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam 6, No.1 2020.
Yazid, Ahmad. “Konsep Pendidikan Islam dalam Pandangan Adian Husaini.” JRTI: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1, No.1 2018.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia,20.
Published
2024-06-09
Section
Journal Articles