STRATEGY FOR DEVELOPING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AT SMPN 3 ABUNG SELATAN ACADEMIC YEAR 2024/2025


Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan strategis dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis metode yang digunakan untuk meningkatkan pendidikan agama Islam di SMP N 3 Abung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode studi kasus. Kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik berpartisipasi dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan PAI di SMP N 3 Abung Selatan melibatkan beberapa komponen utama: peningkatan kualitas pendidik melalui pelatihan, pengembangan kurikulum Islam berbasis karakter, mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI. Selain itu, dukungan orang tua dan masyarakat sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, peserta didik diharapkan tidak hanya memperoleh pemahaman akademis Islam yang kuat tetapi juga menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Downloads
References
Ahmadi, Abu, and Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar. BANDUNG: PUSTAKA SETIA, 1997.
Anwar, Syaiful. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter BangsaAnwar, S., Ftk, D., Raden, I., & Lampung, I. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 157–169.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. November (2016): 157–69.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. JAKARTA: CV Pustaka Agung Harapan, 2002.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan. JAKARTA: BUMI AKSARA, 1993.
Nazir, Moh. Metode Penelitian. JAKARTA: Ghlmia Indonesia, 2003.
Nur, Mohammad, Hidayatullah Stai, Nurul Huda, and Kapongan Situbondo. “Strategi Guru Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Studi Agama 7, no. 1 (2019).
Soemarsono, JB. “Strategi Pengembangan Pendidikan Kejuruan” 8 (2018): 225–35.
Sulistyowati, Sofchah. Cara Belajar Yang Efektif Dan Efesien. Pekalongan: Cinta Ilmu, 2001.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. JAKARTA: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2003.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. “Kurikulum Qur’ani Pendidikan Dasar Ditinjau Dari Periodesasi Makiyah.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Wahono, Margi. “16696-39724-1-Sm.” Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial, no. 2 (2018): 1–8.
Copyright (c) 2025 dessy Kurnia mulyani Dessy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.