PERAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI ISLAMIYAH SAMPANG

  • Siti Aisyatul Hulwaniyah IAIN Madura
Abstract views: 493 , PDF downloads: 622

Abstract

ABSTRAK

Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana bentuk partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Islamiyah Sampang? Kedua,Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Islamiyah Sampang?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan tekhnik Analisis data yang digunakan adalah analisis non statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk peran pasrtisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Islamiyah Sampang yaitu dengan kontrol dan pemantauan perkembangan belajar anak di sekolah, dukungan, keterlibatan , kedekatan orang tua dan kedisiplinan. Kedua, Beberapa faktor yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi siswa yaitu komunikasi yang erat antara orang tua dan pihak sekolah, kesadaran dan tanggung orang tua. Adapun kendala yang menghambat adanya partisipasi orang tua salah satunya yaitu kendala waktu orang tua, biaya pendidikan dan orang tua yang merantau ke luar negeri.

Kata Kunci: Partisipasi, Orang Tua, Prestasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. B dan T. Deli. Kamus Besar Bahasa Indoensia. Bandung: Citra Umbara. 1997.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya. 1994.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Buna’i. Metodologi Penelitian Pendidikan. STAIN Pamekasan. 2006.

Buna’i. Penelitian Kualitatif. Pamekasan: STAIN Pamekasan Press. 2008.

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. 2017.

Emzir. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press. 2012.

Gunawan, Imam. Metodologi Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Kosim, Mohammad. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Pena Salsabila. 2013.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga. Jakarta: Prenada Media Group. 2012.

Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 1994.

Qodratilah, Meity Taqdir. Kamus Bahasa Indoenesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011.

Rifa’I, Muhammad. Sosiologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2011.

Rivai, Veithzal. Education Management: Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press. 2012

Slameto. Belajar dan Faktor yang Mempengaruinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2003.

Solichin, Muchlis. Psikologi Belajar. Surabaya: CV Salsabila Putra Pratama. 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2011.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press. 2012.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

Thaha, Khairiyah Husain. Konsep Ibu Teladan: Kajian Pendidikan Islam. Surabaya: Risalah Gusti. 1991.

Triwiyanti, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2014.

Published
2020-01-27
Section
Journal Articles