PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI DI SMK DARUL HIDAYAH MALANG

  • Ning Fina Inayatus Sofa UIN Sunan Ampel
Abstract views: 534 , PDF downloads: 358

Abstract

ABSTRACT

Motivation is an important thing that needs to be considered. There are several factors that influence learning motivation, while one of them is the use of media in the learning process is a Google classroom. This research is a type of quantitative research with experimental research method, the subject in this research is the students of SMK Darul Hidayah class X. The object studied is the use of google classroom on the learning motivation of students in Islamic Education subjects. The data collection tool is the attitude scale, the rating scale model. Meanwhile, the data analysis technique used paired sample T-test. Based on the T-paired statistical test, the mean value of the difference between pretest (before being given treatment) and posttest (after being given treatment) was -13.733 with a standard deviation of 11.744. And obtained a significant value (2-tailed) 0.000, then Ha is accepted and H0 is rejected, which means that there is a significant difference in the pretest and posttest.

 

ABSTRAK

Motivasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adapun salah satunya yakni penggunaan media dalam proses pembelajaran yaitu Google classroom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian experiment,subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Darul Hidayah kelas X. Objek yang diteliti adalah penggunaan google classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI. Alat pengumpulan data yaitu skala sikap model rating scale. Sedangkan teknik analsis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji statistik T-paired diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (sesudah diberikan treatment) yaitu -13,733 dengan standar deviation 11,744. Dan didapatkan nilai Signifikan (2-tailed) 0,000 maka Ha diterima dan H0 di tolak yang artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap pretest dan postest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, Doni Septumarsa, dan Siti Partini Suardiman. “The Effects Of The Use Of E_learning On the Learning Motivation Andachiement In Mathematics Of The Student Of SDN Tahunan Yogyakarta.” Jurnal Prima Edukasia Vol 2 No 1 (2014): 11.

Kadir, Abdul, dan Terra CH Triwahyuni. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.

Mulyadi, Ajang, M. Arief Ramdhany, dan Defrina Sari Tilawati. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi.” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. Vol 4 No 1 (2016): 7.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

Putra, Aulya Alamanda. “Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Media Goggle Classroom Untuk Keterampilan Menulis.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2017.

Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai. Dalam Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2013.

Susanti, Lidia. “Hubungan Penggunaan Google Classroom Sebagai Pemnbelajaran Efektif Dan Paperless Terhadap Nilai Hasil Belajar Kognitif Pada Pelajaran Biologi Di SMA Charis Malang.” Artikel Jurnal IT Edu Universitas Negeri Surabaya Vol 02 No 01 (2017).

Yusuf, Syamsu. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss, 2009.

Zabir, Azhari. “Pengaruh pemanfaatan Teknologi Pembelajaran terhadap Motivasi belajar Siswa SMPN 1 Lansirang Kabupaten Pinrang.” Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar, 2018,

Published
2020-09-20
Section
Journal Articles