KERANGKA EPISTEMOLOGI (Metode Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam)

  • Moh. Elman IAIN Madura
  • Mahrus Mahrus IAIN Madura
Abstract views: 1167 , PDF downloads: 1389
Keywords: Islamic education, epistemology, value

Abstract

ABSTRACT

The epistemology of Islamic education study is an attempt to dismantle the studies that are in it, both essentially, methods, foundation, source, and validity of this Islamic education. Islamic education is a conscious effort in forming perfect individuals, namely individuals who are able to live their lives in an Islamic way. Discussion in Islamic education has three aspects, namely, aspects of faith, creed, and worship. With such a realm of morality, ethics and morals will become a major thing in Islamic education. Therefore the scope of the discussion of Islamic education is more likely to develop in accordance with the era, to make education as a balance against the development of the era by originating in faith and piety as a fundamental mentality in Islam itself.

 

ABSTRAK

Kajian epistemologi pendidikan Islam merupakan sebuah usaha dalam membongkar kajian-kajian yang ada didalamnya, baik secara hakekat, metode, landasan, sumber, dan validitas pendidikan agama Islam ini. Pendidikan Islam merupakan usaha sadar dalam membentuk individu yang sempurna, yaitu individu yang mampu menjalani kehidupannya secara Islami. Bahasan dalam pendidikan Islam mempunyai tiga aspek. yaitu, aspek keimanan, akidah, dan ibadah. Dengan seperti itu ranah akhlak, etika dan moral akan menjadi suatu hal yang utama dalam pendidikan Islam. Jadi, ruang lingkup bahasan pendidikan Islam lebih dimungkinkan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, hingga menjadikan pendidikan sebagai pengeimbangan terhadap perkembangan zaman tersebut dengan bersumber pada iman dan takwa sebagai mental fundamental dalam Islam sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, Mohammad. Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.

Al-Malaky, Ekky. Filsafat Untuk Semua: Pengantar Mudah Menuju Dunia Filsafat. Jakarta : Penerbit Lentera, 2001.

Basri, Hasan. FIlsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Djumransjah, HM dan Amrullah, Abdul Malik. Pendidikan Islam: Menggali Tradisi, Mengukuhkan Eksistensi. Malang: UIN-Malang Press, 2007.

Muhaimin, et. al. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Muhaimin. Rekonstruksi Pendidika Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Jalaluddin, H. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sejarah dan Pemikirannya. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Lubis, M. Solly. Filsafat Ilmu dan Pendidikan. Bandung : Mandar Maju, 1994.

M. Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara, 1993.

M. Arkoun. Membedah Pemikiran Islam. diterjemahkan oleh Hidayatullah, Bandung : Pustaka, 2000.

Muhadjir, Noeng. Filsafat Ilmu Telaah Sistematis Fungsional Komperatif. Yogyakarta : Rake Sarasin, 1998.

. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2005.

R. Knight, George. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Gama Media, 2007.

Ridwan, H. Ahmad Dasar-Dasar Epistemologi Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.

Sholihin, Mukhtar. Epistemologi Ilmu Menurut Al-Ghazali: Studi Analisis Kitab Risalah al-Laduniyah. Bandung : Puslit IAIN Sunan Gunung Jati, 1999.

Suriasumantri, Jujun S. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006.

Ulya. FIlsafat Ilmu Pengetahuan. Kudus: STAIN Press, 2011.

Published
2020-09-29
Section
Journal Articles