Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Tema Kewirausahaan Kelas VIII di SMPN 6 Lembang Jaya, Kabupaten Solok

  • Friska Amanda Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sri Rahayu Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Harisnawati Universitas PGRI Sumatera Barat
Abstract views: 7 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 8

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kendala dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP N 6 Lembang Jaya. yaitu seperti kendala, guru dan sekolah kesulitan menentukan tema projek yang bisa membuat siswa bersemangat dalam melaksanakan projek, kurangnya pemahaman guru dalam menyusun modul, kendala dalam penyedian alat dan bahan, sulit bekerjasama lintas sektor, pesatnya arus globalisasi sehingga membawa nilai-nilai yang tidak sesuai dengan karakteristik bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan kelas VIII di SMP N 6 Lembang Jaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Konstruktivisme. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik menentukan informan secara Purposive Sampling. Adapun informan dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator projek kewirausahaan, tim fasilitator kewirausahaan, dan siswa. Jenis data, data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kelompok. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Maka hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP N 6 Lembang Jaya kabupaten Solok, menunjukkan bahwa pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema kewirausahaan diawali dengan tahap perencanaan terlebih dahulu, yaitu dengan  membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang tema, topik dan alokasi waktu P5, menyusun modul, dan merancang pelaporan hasil prosek, serta tahap terakhir dalam pelaksanaan kegiatan projek ini adalah dengan melakukan tahapan evaluasi terhadap kegiatan P5 tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul fattah. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harva Creative

Amiruddin, A., Rubianti, I., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 139–143. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2398

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Asri, M. (2017). Curriculum Dynamics in Indonesia. Modelling: Jurnal of PGMI Department, 4(2), 192–202.

Autila, R., Melvina, M., & Yulmiati, Y. (2024). Pendampingan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v4i1.1189

Azizani, S. Al, & Rizaq, A. D. B. El. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49–64. https://doi.org/10.19105/EJPIS.V3I1.4625

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Dr. Saifullah, S. Ag., M. A. (2016). PENGEMBANGAN KURIKULUM Analisis Filosofis dan Implikasinya dalam KBK dan KTSP.

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuatitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group

Hijran, M., & Fauzi, P. (2023). royek Profil Pelajar Pancasila terhadapt KaraPkter Pribadi Siswa di Kota Pangkalpinang. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 796–804.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Indriani, S. S., Lestari, R. Y., & Juwandi, R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Profil Peserta Didik Sebagai Pelajar Pancasila di SMPN 1 Kota Serang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, XI(3), 397–405. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Komala, C., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila tema “gaya hidup berkelanjutan” kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42–49. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/385

Kurikulum, D., & Studi, M. (2023). .Unp.Ac.Id. 5(2), 73–82.

Milles, M. B. dan A. H. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia.

Misykat malik ibrahim. (2014). implementasi kurikulum 2013: rekonstruksi kompetensi, revolusi pembelajaran dan reformasi penilain.

Muhammad hasan. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Tahta Media Group.

Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 78. https://naikpangkat.com/implementasi-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayu, W. A., Setiawati, M., & Ikhwan. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ): Kearifan Lokal Di SMP Negeri 4 Kubung Kabupaten Solok. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 337–346.

Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 41–49. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.321

Rahmadi. (2011). pengantar metodologi penelitian. Banjarmasin, Kalimantan Selatan: Antasari Press.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Satria, R. (2022). buku panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila.

Wibowo, H. (2014). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah, IV(1), 49–70.

Yaldi, H. R., & Wirdati. (2023). Analisis Persepsi Guru Pai Tentang Tema Bangunlah Jiwa dan Raga Pada Projek Stop Bullying Dalam Pelaksanaan P5. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 1–8.

Published
2024-12-24
How to Cite
Amanda, F., Rahayu, S., & Harisnawati. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Tema Kewirausahaan Kelas VIII di SMPN 6 Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 253—268. https://doi.org/10.19105/ejpis.v6i2.15215
Section
Articles