EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub


Abstract
Pendidikan lingkungan masih sering terabaikan dalam pembelajaran sastra, padahal karya sastra dapat menjadi media efektif untuk menyampaikan nilai ekologis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pendidikan lingkungan, sastra lingkungan dan SDGs dalam cerita rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data utama cerita rakyat Madura Ki Ageng Tarub, dikumpulkan melalui teknik simak catat. Analisis menggunakan teori sistem terbuka, organisasi selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hasil penelitian cerita ini mengandung pesan konservasi lingkungan dalam menjaga keseimbangan lingkungan melalui penghijauan. Selain itu, mencerminkan sastra lingkungan hubungan manusia dengan alam disimbolkan melalui reboisasi, perlindungan flora dan fauna, serta kelestarian air. Cerita ini memiliki tujuan berkelanjutan seperti SDG 3, SDG 6, SDG 8, SDG 13, dan SDG 15..
Downloads
References
Diningrum, S. D., & Alatas, M. A. (2024). Penerapan Metode Story Prompt dalam Mengasah Keterampilan Menulis Teks Cerpen Ekologi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pamekasan. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 624–636. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17197
Doko, Y. D., Budiarta, W., & Umiyati, M. (2017). Kesantunan Berbahasa Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 159–169. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.163.159-169
Efendi, A. N., Albaburrahim, Hamdani, F., & Wafi, A. (2024). Mitos dan Pelestarian Alam : Eksplorasi Ekologi dalam Cerita Rakyat Sumber Taman Sari di Madura , Indonesia. 34–46. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17178
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Faizah, D. A. (2024). Representasi Alam dan Lingkungan pada Cerita Jagapati Bumi sebagai Media Edukasi Ekologis bagi Remaja. GHANCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 433–450. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17248
Firazma, A., Choirunisa, M. N., Azzahra, A., & Saputra, M. A. S. (2022). Analisis Memori Sastra Dalam Novel Salah Asuhan Karya Abdoel Moeis. Kolase: Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Dan Budaya, 1(2), 26–36.
Hines, J. M., Hungerford, H. R., & Tomera, A. N. (1987). Analysis and synthesis of research on responsible environmental behavior: A meta-analysis. Journal of Environmental Education, 18(2), 1–8. https://doi.org/10.1080/00958964.1987.9943482
Hungerford, H. R., & Volk, T. L. (1990). Changing learner behavior through environmental education. Journal of Environmental Education, 21(3), 8–21. https://doi.org/10.1080/00958964.1990.10753743
Jannah, A., & Efendi, A. N. (2024). Kajian Ekologi Sastra ( Ekokritik ) dalam Antologi Puisi Negeri di atas Kertas Karya Komunitas Sastra Nusantara : Perspektif Lawrence Buell. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 77–90. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17182
Kusumawati, H., & Alatas, M. A. (2024). Penerapan Kontruksi Ekologis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Siswa di MA Ummul Quro Putri Pamekasan. GHANCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 549–562. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17777
Mulyani, S., Noviadi, A., Sondarika, W., Herdiana, & Andini, S. (2024). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Diksatrasia, 8(2), 397–410.
Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015
Mustika, C. R. (2024). Pengaruh Fenomena Fisika Lingkungan Terhadap Kehidupan dan Ekosistem Lokal di Gampong Kopelma Darussalam : Sebuah Tindakan Edukasi dan Penyadaran. Journal of Education Sciences and Teacher Training, 13(02), 270–286.
Putri, V. A. R. & A. (2023). Pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1(1), 2986–4291.
Rahayu, I., Suwarna, A. I., Wahyudi, E., Asfahani, A., & Jamin, F. S. (2024). Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Membentuk Kesadaran Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial di Kalangan Pelajar. Global Education Journal, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.59525/gej.v2i2.344
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Br Samosir, R. R. Y. (2021). Hubungan Imajinasi Dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2), 100. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26274
Sungkowati, Y., Mashuri, Asmara, A., Izzak, A., Turaeni, N. N. T., Windiyarti, D., Sukmawati, D. L., Santosa, A., & Ummatin, K. (2011). Antologi Cerita Rakyat Jawa Timur.
Usman, Wartoyo, Haida, N., & Wahyuningsih, N. (2024). Implementasi Sustainable Development Goals (Sdgs) Di Indonesia Perspektif Ekonomi Islam. Al-Masharif : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 11(1), 108–126.
Zahrawati, F. (2023). Eco pedagogic Based on Local Wisdom as an Effort to Grow Students’ Ecological Awareness. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.19105/ejpis.v5i1.8241
Zulfa, A. N. (2021). Teori Ekokritik Sastra: Kajian Terhadap Kemunculan Pendekatan Ekologi Sastra Yang Dipelopori Oleh Cheryll Glotfelty. Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 10(1), 50–63. https://doi.org/10.20473/lakon.v10i1.29774
Copyright (c) 2025 Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.