EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub

  • Aldi Firnanda Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Mochamad Arifin Alatas Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 7 , PDF downloads: 6
Keywords: EcoEduLitera, SDGs, Madurese folk tale Ki Ageng Tarub

Abstract

Pendidikan lingkungan masih sering terabaikan dalam pembelajaran sastra, padahal karya sastra dapat menjadi media efektif untuk menyampaikan nilai ekologis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pendidikan lingkungan, sastra lingkungan dan SDGs dalam cerita rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data utama cerita rakyat Madura Ki Ageng Tarub, dikumpulkan melalui teknik simak catat. Analisis menggunakan teori sistem terbuka, organisasi selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hasil penelitian cerita ini mengandung pesan konservasi lingkungan dalam menjaga keseimbangan lingkungan melalui penghijauan. Selain itu, mencerminkan sastra lingkungan hubungan manusia dengan alam disimbolkan melalui reboisasi, perlindungan flora dan fauna, serta kelestarian air. Cerita ini memiliki tujuan berkelanjutan seperti SDG 3, SDG 6, SDG 8, SDG 13, dan SDG 15..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buell, L. (2005). The Future of Enviromental Criticism: Enviromental crisis and Literary Imagination. Blackwell Publishing, 1–11.
Diningrum, S. D., & Alatas, M. A. (2024). Penerapan Metode Story Prompt dalam Mengasah Keterampilan Menulis Teks Cerpen Ekologi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pamekasan. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 624–636. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17197
Doko, Y. D., Budiarta, W., & Umiyati, M. (2017). Kesantunan Berbahasa Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 159–169. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.163.159-169
Efendi, A. N., Albaburrahim, Hamdani, F., & Wafi, A. (2024). Mitos dan Pelestarian Alam : Eksplorasi Ekologi dalam Cerita Rakyat Sumber Taman Sari di Madura , Indonesia. 34–46. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17178
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Faizah, D. A. (2024). Representasi Alam dan Lingkungan pada Cerita Jagapati Bumi sebagai Media Edukasi Ekologis bagi Remaja. GHANCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 433–450. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17248
Firazma, A., Choirunisa, M. N., Azzahra, A., & Saputra, M. A. S. (2022). Analisis Memori Sastra Dalam Novel Salah Asuhan Karya Abdoel Moeis. Kolase: Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Dan Budaya, 1(2), 26–36.
Hines, J. M., Hungerford, H. R., & Tomera, A. N. (1987). Analysis and synthesis of research on responsible environmental behavior: A meta-analysis. Journal of Environmental Education, 18(2), 1–8. https://doi.org/10.1080/00958964.1987.9943482
Hungerford, H. R., & Volk, T. L. (1990). Changing learner behavior through environmental education. Journal of Environmental Education, 21(3), 8–21. https://doi.org/10.1080/00958964.1990.10753743
Jannah, A., & Efendi, A. N. (2024). Kajian Ekologi Sastra ( Ekokritik ) dalam Antologi Puisi Negeri di atas Kertas Karya Komunitas Sastra Nusantara : Perspektif Lawrence Buell. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 77–90. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17182
Kusumawati, H., & Alatas, M. A. (2024). Penerapan Kontruksi Ekologis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Siswa di MA Ummul Quro Putri Pamekasan. GHANCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 549–562. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17777
Mulyani, S., Noviadi, A., Sondarika, W., Herdiana, & Andini, S. (2024). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Diksatrasia, 8(2), 397–410.
Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015
Mustika, C. R. (2024). Pengaruh Fenomena Fisika Lingkungan Terhadap Kehidupan dan Ekosistem Lokal di Gampong Kopelma Darussalam : Sebuah Tindakan Edukasi dan Penyadaran. Journal of Education Sciences and Teacher Training, 13(02), 270–286.
Putri, V. A. R. & A. (2023). Pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1(1), 2986–4291.
Rahayu, I., Suwarna, A. I., Wahyudi, E., Asfahani, A., & Jamin, F. S. (2024). Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Membentuk Kesadaran Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial di Kalangan Pelajar. Global Education Journal, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.59525/gej.v2i2.344
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Br Samosir, R. R. Y. (2021). Hubungan Imajinasi Dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2), 100. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26274
Sungkowati, Y., Mashuri, Asmara, A., Izzak, A., Turaeni, N. N. T., Windiyarti, D., Sukmawati, D. L., Santosa, A., & Ummatin, K. (2011). Antologi Cerita Rakyat Jawa Timur.
Usman, Wartoyo, Haida, N., & Wahyuningsih, N. (2024). Implementasi Sustainable Development Goals (Sdgs) Di Indonesia Perspektif Ekonomi Islam. Al-Masharif : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 11(1), 108–126.
Zahrawati, F. (2023). Eco pedagogic Based on Local Wisdom as an Effort to Grow Students’ Ecological Awareness. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.19105/ejpis.v5i1.8241
Zulfa, A. N. (2021). Teori Ekokritik Sastra: Kajian Terhadap Kemunculan Pendekatan Ekologi Sastra Yang Dipelopori Oleh Cheryll Glotfelty. Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 10(1), 50–63. https://doi.org/10.20473/lakon.v10i1.29774
Published
2025-05-03
How to Cite
Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 87-102. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137