Rekonstruksi Pembelajaran di Era Soceity 5.0

  • Moh. Hafid Effendy Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Iswah Adriana Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 2 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 9

Abstract

Artikel ini membahas tentang rekonstruksi pembelajaran pendidikan bahasa Indonesia di era Society 5.0, adanya perubahan besar dalam teknologi dan cara komunikasi, khususnya dalam konteks digital, pendidikan bahasa Indonesia perlu disesuaikan untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh kemajuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tantangan, peluang, dan strategi dalam rekonstruksi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan komunikasi siswa di dunia maya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus melalui Teknik pengumpulan data dengan teknik rekam, catat, dan sadap, serta observasi pembelajaran di beberapa sekolah yang menerapkan teknologi dalam pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan utama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era Society 5.0, seperti penggunaan bahasa yang tidak baku di media sosial, kesenjangan keterampilan digital di kalangan guru dan siswa, serta kurangnya kurikulum yang mengintegrasikan teknologi secara efektif. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membuka peluang untuk meningkatkan keterampilan literasi digital siswa, mempermudah akses pembelajaran Bahasa Indonesia, serta mendorong kreativitas dalam berkomunikasi melalui platform digital. Oleh karena itu, artikel ini merekomendasikan pentingnya pelatihan teknologi bagi guru Bahasa Indonesia, pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap perkembangan digital, dan peningkatan keterampilan literasi digital siswa agar pembelajaran Bahasa Indonesia tetap relevan di era Society 5.0.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, S., & Sulaiman, S. (2022). Membangun Keterampilan Berbahasa di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 34(3), 213-227.
Fajar, S. (2021). "Penguatan Kompetensi Sosial dan Kultural dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia". Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(1), 44-56.
Kurniawan, A. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Educational Technology, 9(4), 221-234.
Kurniawan, A. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Educational Technology, 9(4), 221-234.
Mahendra, A. (2019). "Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Proyek di Era Digital". Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 85-98.
Nurhasanah, A., & Ramdhani, D. (2020). "Pemanfaatan Pembelajaran Adaptif dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa". Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(3), 112-125.
Nurdin, M. (2022). "Kesenjangan Digital dalam Pembelajaran di Indonesia: Tantangan dan Solusi". Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 15(1), 31-44.
Nasikin, M. (2021). Rekonstruksi pendidikan islam di era society 5.0.
Putra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 15(2), 55-68.
Putri, A. L., & Firdaus, I. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Generasi Milenial. Jurnal Linguistik, 24(1), 112-126.
Pekka, S., Watanabe, C., & Nakamura, T. (2018). Society 5.0: A New Vision for Japan's Future. Springer.
Pustika, E. (2020). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(3), 115-130.
Ramadhan, M., & Sari, E. (2022). Penerapan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 28(3), 37-52.
Raharjo, H., & Salim, M. (2020). Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2), 78-91.
Sari, T. (2023). "Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis Teknologi". Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 28(1), 57-70.
Sulaeman, E., & Hidayat, M. (2021). "Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia". Jurnal Literasi Digital, 8(2), 102-115.
Santosa, H., & Irawan, J. (2021). Digitalisasi Pendidikan Bahasa Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 32(4), 109-123.
Sutrisno, T., & Kurniawan, A. (2020). Bahasa Indonesia dalam Era Media Sosial: Antara Konservasi dan Transformasi. Jurnal Kajian Bahasa, 19(2), 95-107.
Saiful, S. (2021). Rekonstruksi Pendidikan Anak Berbasis Karakter di Era Digital. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1, April), 55-68.
Suryana, Y., & Fitrani, E. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia di Era 4.0 dan Society 5.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 103-115.
Sulaiman, S., & Ardianto, S. (2022). Membangun Kompetensi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 45-58.
Suryana, Y., & Fitrani, E. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia di Era 4.0 dan Society 5.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 103-115.
Wicaksono, M., & Setiawan, T. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital: Masalah dan Solusi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 25(2), 92-108.
Published
2025-05-03
How to Cite
Moh. Hafid Effendy, & Iswah Adriana. (2025). Rekonstruksi Pembelajaran di Era Soceity 5.0. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 649-664. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19146