Rekonstruksi Pembelajaran di Era Soceity 5.0


Abstract
Artikel ini membahas tentang rekonstruksi pembelajaran pendidikan bahasa Indonesia di era Society 5.0, adanya perubahan besar dalam teknologi dan cara komunikasi, khususnya dalam konteks digital, pendidikan bahasa Indonesia perlu disesuaikan untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh kemajuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tantangan, peluang, dan strategi dalam rekonstruksi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan komunikasi siswa di dunia maya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus melalui Teknik pengumpulan data dengan teknik rekam, catat, dan sadap, serta observasi pembelajaran di beberapa sekolah yang menerapkan teknologi dalam pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan utama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era Society 5.0, seperti penggunaan bahasa yang tidak baku di media sosial, kesenjangan keterampilan digital di kalangan guru dan siswa, serta kurangnya kurikulum yang mengintegrasikan teknologi secara efektif. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membuka peluang untuk meningkatkan keterampilan literasi digital siswa, mempermudah akses pembelajaran Bahasa Indonesia, serta mendorong kreativitas dalam berkomunikasi melalui platform digital. Oleh karena itu, artikel ini merekomendasikan pentingnya pelatihan teknologi bagi guru Bahasa Indonesia, pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap perkembangan digital, dan peningkatan keterampilan literasi digital siswa agar pembelajaran Bahasa Indonesia tetap relevan di era Society 5.0.
Downloads
References
Fajar, S. (2021). "Penguatan Kompetensi Sosial dan Kultural dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia". Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(1), 44-56.
Kurniawan, A. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Educational Technology, 9(4), 221-234.
Kurniawan, A. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Educational Technology, 9(4), 221-234.
Mahendra, A. (2019). "Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Proyek di Era Digital". Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 85-98.
Nurhasanah, A., & Ramdhani, D. (2020). "Pemanfaatan Pembelajaran Adaptif dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa". Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(3), 112-125.
Nurdin, M. (2022). "Kesenjangan Digital dalam Pembelajaran di Indonesia: Tantangan dan Solusi". Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 15(1), 31-44.
Nasikin, M. (2021). Rekonstruksi pendidikan islam di era society 5.0.
Putra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 15(2), 55-68.
Putri, A. L., & Firdaus, I. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Generasi Milenial. Jurnal Linguistik, 24(1), 112-126.
Pekka, S., Watanabe, C., & Nakamura, T. (2018). Society 5.0: A New Vision for Japan's Future. Springer.
Pustika, E. (2020). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(3), 115-130.
Ramadhan, M., & Sari, E. (2022). Penerapan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 28(3), 37-52.
Raharjo, H., & Salim, M. (2020). Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2), 78-91.
Sari, T. (2023). "Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis Teknologi". Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 28(1), 57-70.
Sulaeman, E., & Hidayat, M. (2021). "Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia". Jurnal Literasi Digital, 8(2), 102-115.
Santosa, H., & Irawan, J. (2021). Digitalisasi Pendidikan Bahasa Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 32(4), 109-123.
Sutrisno, T., & Kurniawan, A. (2020). Bahasa Indonesia dalam Era Media Sosial: Antara Konservasi dan Transformasi. Jurnal Kajian Bahasa, 19(2), 95-107.
Saiful, S. (2021). Rekonstruksi Pendidikan Anak Berbasis Karakter di Era Digital. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1, April), 55-68.
Suryana, Y., & Fitrani, E. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia di Era 4.0 dan Society 5.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 103-115.
Sulaiman, S., & Ardianto, S. (2022). Membangun Kompetensi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 45-58.
Suryana, Y., & Fitrani, E. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia di Era 4.0 dan Society 5.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 103-115.
Wicaksono, M., & Setiawan, T. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital: Masalah dan Solusi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 25(2), 92-108.
Copyright (c) 2025 Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.