Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

  • Mala Maulidia Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Agung Dwi Bahtiar El Rizaq Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 7 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 8

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS kelas VIII-A di MTs Negeri 2 Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan 2 siklus.Subjek penelitian 18 siswa. Teknik pengumpulan observasi, angket dan dokumentasi. Penerapan melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pembelajaran mengaitkan materi dengan kehidupan nyata  melalui kolaborasi siswa dalam kegiatan belajar. Hasil penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII-A di MTs Negeri 2 Pamekasan yaitu, dilaksanakan dalam setiap proses pembelajaran seperti turut serta dalam tugas belajarnya, pemecahan masalah, berusaha mencari berbagai informasi, bisa menerapkan materi dengan kehidupan nyata. Presentase keaktifan siswa meningkat dari 67,62% (kategori Sedang) pada siklus I 91,12%  (kategori Tinggi) pada siklus II. dengan peningkatan presentase keaktifan siklus I & siklus II sebesar 23,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Hulaimi. 2019. “Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (Pembelajaran Melalui Tindakan).” Tarbawi 4: 19–20.
Ali, Moh. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Umar Mas’ud Kabupaten Gresik.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Azizani, S. Al, & Rizaq, A. D. B. El. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49–64. https://doi.org/10.19105/EJPIS.V3I1.4625
Bayu Setiawan. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran (CTL) Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Waru.” Pendidikan Ekonomi.
Fiqri, Hariz Yulian Nur. 2021. “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu Kelas IX K MTsN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021” Tahun 2021.” IAIN Ponorogo.
Firda Nurul Izzah. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi.” Pendidikan Sains 10: 151.
Haulid. 2021. “Penerapan Startegi Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs AL-Ikhlas Mentigi.” Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Ifan Junaedi. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.” Of Informtaion System, Applied, Management, Accoenting, and Research 3: 20.
Kulsum, Ummi. 2024. “Guru IPS VIII.”
Lukman Hakim. 2016. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,.” Jurnal edutech 2: 54.
Rahman, Abd. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2.
Suharsimi Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.
Published
2025-05-03
How to Cite
Mala Maulidia, & Agung Dwi Bahtiar El Rizaq. (2025). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 453-468. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19167