Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)


Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS kelas VIII-A di MTs Negeri 2 Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan 2 siklus.Subjek penelitian 18 siswa. Teknik pengumpulan observasi, angket dan dokumentasi. Penerapan melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pembelajaran mengaitkan materi dengan kehidupan nyata melalui kolaborasi siswa dalam kegiatan belajar. Hasil penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII-A di MTs Negeri 2 Pamekasan yaitu, dilaksanakan dalam setiap proses pembelajaran seperti turut serta dalam tugas belajarnya, pemecahan masalah, berusaha mencari berbagai informasi, bisa menerapkan materi dengan kehidupan nyata. Presentase keaktifan siswa meningkat dari 67,62% (kategori Sedang) pada siklus I 91,12% (kategori Tinggi) pada siklus II. dengan peningkatan presentase keaktifan siklus I & siklus II sebesar 23,5%.
Downloads
References
Ali, Moh. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Umar Mas’ud Kabupaten Gresik.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Azizani, S. Al, & Rizaq, A. D. B. El. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49–64. https://doi.org/10.19105/EJPIS.V3I1.4625
Bayu Setiawan. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran (CTL) Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Waru.” Pendidikan Ekonomi.
Fiqri, Hariz Yulian Nur. 2021. “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu Kelas IX K MTsN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021” Tahun 2021.” IAIN Ponorogo.
Firda Nurul Izzah. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi.” Pendidikan Sains 10: 151.
Haulid. 2021. “Penerapan Startegi Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs AL-Ikhlas Mentigi.” Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Ifan Junaedi. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.” Of Informtaion System, Applied, Management, Accoenting, and Research 3: 20.
Kulsum, Ummi. 2024. “Guru IPS VIII.”
Lukman Hakim. 2016. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,.” Jurnal edutech 2: 54.
Rahman, Abd. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2.
Suharsimi Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.
Copyright (c) 2025 Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.