Pengaruh Penggunaan TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia Sekolah di Era Digital


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan TikTok Shop terhadap perilaku konsumtif remaja usia sekolah, dan (2) sejauh mana pengaruh tersebut. Penelitian menggunakan metode kuantitatif ex-post facto dengan sampel sebanyak 30 remaja berusia 15–18 tahun yang menggunakan TikTok Shop. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan TikTok Shop adalah 29,13 dan perilaku konsumtif remaja sebesar 28,13, keduanya termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan TikTok Shop dan perilaku konsumtif remaja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 (<0,05). Nilai R Square sebesar 0,213 menunjukkan bahwa 21,3% variabel perilaku konsumtif dipengaruhi oleh penggunaan TikTok Shop. Temuan ini mendukung teori perilaku konsumen yang menyatakan bahwa dalam pengambilan keputusan pembelian, konsumen mempertimbangkan aspek harga, kualitas, fungsi, dan manfaat produk.
Downloads
References
Eni Lestari, Hasnah Karimah, Nia Febrianti, Ranny, and Desi Harlina. 2017. “Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja.” Jurnal Tindakan Riset Indonesia 2(2):1–6.
Fatmawatie, N. (2022). E COMMERCE DAN PERILAKU KONSUMTIF. Yogyakarta: IAIN Kediri Press.
Gumulya, Jessica, and Mariyana Widiastuti. 2013. “PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL.” Jurnal Psikologi Vol 11(1).
Hardini, S. A., Sandri, R., & Widodo, R. W. (2023). Perilaku pembelian impulsif remaja pengguna tiktok shop: Ditinjau dari mindfulness. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 1(1). https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jips/article/view/21068
Maryanti, W. (2023). Analisis penggunaan fitur tiktok shop terhadap perilaku konsumtif generasi Z kota palopo.
Meiliyandrie, Laila, Indah Wardani, and Ritia Anggadita. 2021. Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. N.p., Penerbit NEM.
Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP, 4(1), 1–15.
Oktaviani, A. A., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(3). https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i3.2192
Pratama, A., Ariani, S. R., & Salwa, N. (2025). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa/I Di DI.Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(3), 588–598. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jiksp/article/view/2175
Amaliya, Luthfatul, . & Khasan S. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang.” Ecconomic Education Analysis Journal 6(3).
Santika, O. F., Haryana, G., & Isjoni, M. Y. R. (2024). Pengaruh Content Marketing TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11674–11679. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6101
Saragih, J. R. S., Siregar, M. S., Batubara, K. A., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Social-Commerce (Tiktok Shop) Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Generasi-Z. Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 121–133. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.2978
Sarmini, S., Suprijono, A., Susilowati, I. F., Achmadi, C., Dwi Bahtiar, A., & Rizaq, E. (2023). The Principal’s Strategy for Strengthening National Identity in Globalization Era. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(1), 104–115. https://doi.org/10.46245/IJORER.V4I1.284
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartono. 2002. Terperangkap Dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.
Tambunan, R. (2001). Remaja dan Pola Hidup Konsumtif. Jurnal Psikologi.
Copyright (c) 2025 Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.