Pengaruh Penggunaan TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia Sekolah di Era Digital

  • Imamiatul Jannah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Agung Dwi Bahtiar El Rizaq Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Muhammad Hadiatur Rahman Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 12 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan TikTok Shop terhadap perilaku konsumtif remaja usia sekolah, dan (2) sejauh mana pengaruh tersebut. Penelitian menggunakan metode kuantitatif ex-post facto dengan sampel sebanyak 30 remaja berusia 15–18 tahun yang menggunakan TikTok Shop. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan TikTok Shop adalah 29,13 dan perilaku konsumtif remaja sebesar 28,13, keduanya termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan TikTok Shop dan perilaku konsumtif remaja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 (<0,05). Nilai R Square sebesar 0,213 menunjukkan bahwa 21,3% variabel perilaku konsumtif dipengaruhi oleh penggunaan TikTok Shop. Temuan ini mendukung teori perilaku konsumen yang menyatakan bahwa dalam pengambilan keputusan pembelian, konsumen mempertimbangkan aspek harga, kualitas, fungsi, dan manfaat produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambar Kuswati. 2021. “Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Akhlakul Karimah Remaja Di Desa Bunton Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Tahun 2021.”
Eni Lestari, Hasnah Karimah, Nia Febrianti, Ranny, and Desi Harlina. 2017. “Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja.” Jurnal Tindakan Riset Indonesia 2(2):1–6.
Fatmawatie, N. (2022). E COMMERCE DAN PERILAKU KONSUMTIF. Yogyakarta: IAIN Kediri Press.
Gumulya, Jessica, and Mariyana Widiastuti. 2013. “PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL.” Jurnal Psikologi Vol 11(1).
Hardini, S. A., Sandri, R., & Widodo, R. W. (2023). Perilaku pembelian impulsif remaja pengguna tiktok shop: Ditinjau dari mindfulness. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 1(1). https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jips/article/view/21068
Maryanti, W. (2023). Analisis penggunaan fitur tiktok shop terhadap perilaku konsumtif generasi Z kota palopo.
Meiliyandrie, Laila, Indah Wardani, and Ritia Anggadita. 2021. Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. N.p., Penerbit NEM.
Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP, 4(1), 1–15.
Oktaviani, A. A., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(3). https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i3.2192
Pratama, A., Ariani, S. R., & Salwa, N. (2025). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa/I Di DI.Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(3), 588–598. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jiksp/article/view/2175
Amaliya, Luthfatul, . & Khasan S. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang.” Ecconomic Education Analysis Journal 6(3).
Santika, O. F., Haryana, G., & Isjoni, M. Y. R. (2024). Pengaruh Content Marketing TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11674–11679. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6101
Saragih, J. R. S., Siregar, M. S., Batubara, K. A., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Social-Commerce (Tiktok Shop) Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Generasi-Z. Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 121–133. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.2978
Sarmini, S., Suprijono, A., Susilowati, I. F., Achmadi, C., Dwi Bahtiar, A., & Rizaq, E. (2023). The Principal’s Strategy for Strengthening National Identity in Globalization Era. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(1), 104–115. https://doi.org/10.46245/IJORER.V4I1.284
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartono. 2002. Terperangkap Dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.
Tambunan, R. (2001). Remaja dan Pola Hidup Konsumtif. Jurnal Psikologi.
Published
2025-05-03
How to Cite
Imamiatul Jannah, Agung Dwi Bahtiar El Rizaq, & Muhammad Hadiatur Rahman. (2025). Pengaruh Penggunaan TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia Sekolah di Era Digital . Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 617-630. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19169