Improving Student Learning Outcomes of Class VII-A Social Studies Subject Through Infographic Media at SMP Negeri 1 Tlanakan


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A mata pelajaran IPS melalui media infografis di SMP Negeri 1 Tlanakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media infografis mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 61,375 dan meningkat menjadi 86,375 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas juga meningkat dari 21,87% menjadi 100%. Penelitian ini menunjukkan bahwa media infografis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendukung SDG 4 dengan menunjukkan bagaimana media infografis dapat meningkatkan akses yang setara ke pendidikan berkualitas, terutama bagi siswa dengan hasil belajar awal yang rendah. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesetaraan akses pendidikan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru dan sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media infografis. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa media infografis dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dengan sumber daya terbatas.
Downloads
References
Azizah, E. N. N., & Suryaningsih, Y. (2023). PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS (CANVA) BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 5(5), 120–124.
Dian Nurdiansyah, D. G. G. Z. (2024). Desain Grafis Gen.
Hamsi Mansur, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48.
Hartini, S. (2022). Media Vidio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Lombol Tengah.
Listya, A. (2019). Listya, A. Konsep dan pengunaan warna dalam infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10-19.
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 661.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Prameswari, D. F. S., & Hasanudin, C. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1577–1585.
Putu Aryani, S. (2021). Seni Dan Merancang Media Promosi Kesehatan Online.
Resnatika, A., Sukaesih, S., & Kurniasih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(2), 183–196.
Riyadi, I. (2023). Pengembangan Konsep Ilmu Sosial Dalam Pembelajaran IPS.
Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2023). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan behavior modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221–230.
Supriyad. (2018). Pengaruh Meode Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosian Siswa Terhadap Hasil Belajar.
Tumewu, W. A., Wowor, E. C., & Mokalu, Y. B. (2023). Minat belajar mahasiswa dalam penggunaan infografis sebagai media pembelajaran IPA pada pembelajaran daring. SCIENING: Science Learning Journa, 4(1), 38–45.
Copyright (c) 2025 Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.