Peran Sentral Kiai pada Masyarakat Madura: Studi atas Peran Kiai di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Pamekasan

  • Rohematul Kutsiyah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Itaanis Tianah Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 0 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 0
Keywords: Kiai, Santri, Role, Islamic Boarding School

Abstract

Kiai tetap memiliki peran sentral di zaman modern. Modernisasi  tidak bisa merubah posisi kiai sebagai sosok yang memiliki peran sentral khususnya di pesantren, sekaligus sebagai penciri pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berasaskan nilai nilai Islami.  Pendekatan kualitatif Fenomenologis digunakan sebagai upaya memperoleh data, dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data didapat dari kiai, ketua pondok, pengurus, serta santri. Berdasarkan hasil penelitian, Peran kiai di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Tlanakan sangat sentral dalam membentuk perilaku sosial santri. Peran sentral tersebut ditunjukkan pada empat aspek; sebagai pemberi ilmu agama, sebagai suri tauladan yang baik dalam membentuk perilaku santrinya, penentu kebijakan di pesantren, dan pembimbing dalam memecahkan masalah santri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, H. J. (2018). Peran Kepemimpinan Kharismatik Kyai dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darrul Mutaqin Kab. Bogor. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Arifin, Z., Soviah, A., & Haderi. (2021). Peran Kyai Dalam Membina Keharmonisan Keluarga Pondokpesantren. Asa, 3(2), 41–64. https://doi.org/10.58293/asa.v3i2.30
Dewi, F. (2017). PERILAKU SOSIAL DAN KEAGAMAAN MASYARAKAT PADA PELAKSANAAN “ADDEWWATANGNGE DA PUTTA SERENG” (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Ujung Kabupaten Bon
Published
2025-05-06
How to Cite
Rohematul Kutsiyah, & Itaanis Tianah. (2025). Peran Sentral Kiai pada Masyarakat Madura: Studi atas Peran Kiai di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Pamekasan. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 1007-1019. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19218