PEMAHAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI KOTA MALANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai nasionalisme, (2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai nasionalisme, (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai nasionalisme. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan studi lapangan, di mana peneliti terjun langsung di lokasi yang dalam penelitian ini adalah perguruan tinggi Kota Malang diantaranya UMM, UM, dan UB. Hasil penelitian meliputi, (1) Analis pemahaman masiswa di perguruan tinggi Kota Malang, secara umum dapat di simpulkan bahwa mahasiswa saat ini dapat dikatakan masih memahami nilai-nilai nasionalisme karena dapat mendeskripsikan tentang nasionalisme dan peduli terhadap persoalan bangsa serta di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang beragam sesuai dengan perspektif masing - masing mahasiswa, (2) Faktor – faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai nasionalisme pada umumnya ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu dari budaya akademik di setiap perguruan tinggi sedangkan, Faktor eksternal yaitu adanya arus globalisasi dan modernisasi di mana tidak ada lagi benteng yang membatasi antar negara sehingga informasi dapat mudah di akses yang mengakibatkan mayarakat khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat, (3) solusi untuk mengatasi permasalahan mahasiswa terhadap nilai-nilai nasionalisme adalah melalui pendidikan dengan dimasukkannya nasionalisme kedalam kurikulum pendidikan perguruan tinggi dan membangun budaya akademik yang berorientasi wawasan kebangsaan.
Downloads
References
Buwono, Sultan Hamengku X. 2007. Merajut Kembali ke Indonesiaan Kita. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Nasionalisme dalam Bingkai Pluralitas Bangsa. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Jainuddin, 2012. Pemahaman Santri Terhadap Undang-Undang Nomor15 Tahun 2003 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Civic Hukum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.“FKIP” UMM.
Kohn, Hans. 1984. Nasionalisme arti dan sejarahnya. Terjemahan Sumantri Mertodipuro. Jakarta : PT. Pembangunan dan Erlangga.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sinta, Dwi Istiningsih. 2013. Studi Deskriptif Upaya Guru PKn Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa Smp Negeri Satu Atap Merjosari Kota Malang. Civic Hukum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. “FKIP” UMM.
Suhanadji & Waspodo TS. 2004. Modernisasi dan Globalisasi Studi Pembangunan dalam Perspektif Global. Jakarta: Insan Cendikia.
Thung Ju Lan & Manan, Muhammad. (Eds.). 2011. Nasionalisme dan Ketahanan Budaya di Indonesia. Jakarta : LIPI Press.
Yatim. Badri. 1999. Soekarno, Islam dan Nasionalisme. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Zuriah. Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori – Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.