KEGIATAN MONITORING TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI UPTD SDN BANCARAN 4 KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2019/2020

  • Atik Zaenab SDN BANCARAN 4
  • Kacung Wahyudi MPI IAIN Madura
Abstract views: 244 , PDF downloads: 290

Abstract

The results of the study indicate that: a. the quality of the assignment teacher preparation program at the Mambaul Ulum Islamic Boarding School in Panaan Palengaan Pamekasan, namely 1) The curriculum that is used combines the pesantren curriculum, pesantren programs, and activities and the Madrasah Aliyah curriculum in general, 2) The existence of Islamic boarding school support for the applied curriculum, 3) The creation of a single teaching staff so that the term M2 co-ordinates prospective teacher assignments, 4) The existence of regional programs or blocks, 5) Suitability of the background of the teaching staff with their education, 6) Form of quality improvement resulting from the application of existing curriculum, development what has been done, and ask for input from the teacher who has carried out their duties. b Constraints of Mambaul Ulum Islamic Boarding Schools in Panaan Palengaan Pamekasan in implementing teacher preparation tasks, namely, 1) Less skilled and creative teaching staff in presenting interesting programs, thereby reducing students' interest and motivation in participating in the program, 2) The lack of interest of santri to learning causes the pesantren programs to run less optimally, 3) The lack of facilities and finance makes the programs implemented less varied.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Atik Zaenab, SDN BANCARAN 4
KEPALA SEKOLAH

References

Anas. Workshop dan Jenisnya. Makalah (Online) http://anasaff. blogspot.co.id/2012/08/workshop-dan-jenisnya.html. Diakses 3 Januari 2015, 2012.

Anngi St Anggari, Afriki, Dara Retno dkk. Peduli Terhadap Mahluk Hidup; Buku Tematik Terpadu Siswa Kelas IV. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kemendikbud, 2016.

Arfiyadi. Mode- Model Pembelajaran Kooperatif. Makalah (Online) http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/jigsaw.html. Diakses 8 Maret 2015, 2012.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Dharma, Surya. Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran; Modul Untuk Pengawas. Jakarta: Ditjrn PMPTK, 2008.

———. Penilaian Kinerja Guru; Modul Untuk Pengawas. Jakarta: Ditjen PMPTK, 2008.

Harsono. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran Melalui Workshop Dengan Variasi Model Jigsaw di Guslah 3 Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan. Penelitian Tindakan Sekolah Pengawas UPTD Bangkalan Kabupaten Bangkalan, 2015.

Haryanto. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Makalah (Online) http://belajarpsikologi.com/model-pembelajaran-kooperatif-jigsaw. Diak ses 7 Juli 2015, 2012.

Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhari. Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas V dan VI dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop di Gugus Sekolah I Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun 2013. Penelitian Tindakan Sekolah. Tidak diterbitkan: Pengawas UPTD Pendidikan di Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, 2013.

Nurhadi, Ali. Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena, 2016.

Nurhadi, Ali, and Irfaida Irfaida. “KERJA SAMA KELEMBAGAAN PADA MADRASAH ADIWIYATA DI MTS NEGERI 2 PAMEKASAN.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 1, no. 2 (January 4, 2019): 01–13. https://doi.org/10.19105/RJIEM.V1I2.2087.

Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan kurikulum tahun 2006 dan kurikulum 2013.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Sadiman, Rahardjo, Haryono, Raharjito. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Bandung: Tarsito, 2010.

Sutisna. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Tim Dirjend PMPTK. Penelitian Tindakan Sekolah; Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Ditjend PMPTK, 2009.

Undang – Undang RI. No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

Undang – Undang RI. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Published
2019-12-31
How to Cite
Zaenab, Atik, and Kacung Wahyudi. 2019. “KEGIATAN MONITORING TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI UPTD SDN BANCARAN 4 KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2019/2020”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 2 (2), 266-77. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v2i2.2872.
Section
Articles