STRATEGI MEMBANGUN BUDAYA MADRASAH UNGGUL DI MADRASAH ALIYAH AL-IRTIQO INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IIBS) MALANG

  • Siti Marifatul Hasanah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ika Widiastuti UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Syahrul Mubin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 104 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 112
Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Budaya Madrasah Unggul

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami core value dalam membangun budaya madrasah unggul, peran dan strategi kepala madrasah untuk mewujudkan budaya madrasah unggul. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al-Irtiqo’ International Islamic Boarding School (IIBS) Malang. Adapun hasil dari penelitian adalah: 1) Core values budaya unggul MA Al Irtiqo’ meliputi nilai unggul, keadilan dan kesetaraan, tanggung jawab, mandiri dan berprestasi, religius, akhlakul karimah dan berpedoman al Quran dan sunnah, kesetiaan, sosial dan kerjasama. 2) Peran kepala MA Al Irtiqo’ dalam membangun dan mengembangkan budaya unggul memposisikan diri sebagai educator, supervisor, leader, inovator, creator,  motivator dan inovator. 3) Strategi dalam membangun dan mengembangkan budaya sekolah unggul meliputi: Perencanaan pengembangan nilai nilai unggul sekolah berdasarkan visi, misi dan tujuan sekolah, pemantapan core value (nilai dasar) budaya sekolah, pemantapan leadership, manajerial dan meingkatkan SDM sekolah, penyusunan nilai, spirit dan norma di sekolah, menyusun program unggulan sekolah, sosialisasi, implementasi, penguatan dengan reward dan punishment, dan evaluasi dan feed back.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony, H. &. (2003). Organization Theory: A Strategic Approach (Lawrence M Gales (ed.); 6TH Editio). Pearson.

Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01

Cresswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design; Choosing Among Five Approaches (2nd Editio). Sage.

Cresswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage.

Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational administration, theory, research, and practice (International ed.). Mcgraw-Hill.

Ikbal, T. (2020). Pengaruh Peran Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Keunggulan Sekolah Di SD Muhammadiyah Se-Kota Bandar Lampung. In Tesis.

Ismawati, Y., Rahmah, A., Fathi, M. N., Jamaliyah, R., Rahmadani, A. L., & Arfinanti, N. (2020). Budaya Organisasi Sekolah Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Unggul. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 118–122. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p118

Katz. (1955). Skills of an Effective Administrator. Harvard Business Review.

Mahmud, Y., Arwildayanto, A., & Arifin, A. (2021). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul. Student Journal of Educational Management, 1, 248–264. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i2.1037

Makbullah, D. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Raja Grafindo Persada.

Midun, H. (2017). Membangun Budaya Mutu dan Unggul di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(1), 50–59.

Miles, M. Huberman, M. Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage.

Nurviza, C., & Usman, N. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Unggul Negeri 2 Boarding School Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 6(1), 41.

Parida., Sirhi, &, & Dike. (2019). Habituasi karakter unggul siswa sekolah dasar melalui optimalisasi peran kepemimpinan kepala sekolah di kabupaten sintang. Seminar Nasional Pengelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN, 200–2014. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1431

Robbins, P. Stephen. , Timothy, A. J. (2013). Organizational Behavior. In Pearson (Vol. 13, Issue 1).

Soleh, Badrus, Nurul azizah, Abd. Halik. “School Principal Innovation As A Strategy In Establishing Students' Religious Culture.” Jieman: Journal of Islamic Educational Management 5, no 2 (2023). https://jieman.uinkhas.ac.id/index.php/jieman/article/view/192.

Sulfemi Wahyu Bagja. (2012). Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif Dan Unggul. -, 02(09), 1–19.

Wulandari, P., & Nugroho, P. J. (2020). Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Unggul Swasta. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 240–248. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p240

Published
2023-12-31
How to Cite
Marifatul Hasanah, Siti, Ika Widiastuti, and Syahrul Mubin. 2023. “STRATEGI MEMBANGUN BUDAYA MADRASAH UNGGUL DI MADRASAH ALIYAH AL-IRTIQO INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IIBS) MALANG”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 6 (2), 175-89. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v6i2.8867.
Section
Articles