Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS SD/MI di Kota Pamekasan Tahun Pelajaran 2019—2020

  • Mohammad Imam Sufiyanto IAIN Madura
  • Roviandri IAIN Madura
Abstract views: 917 , PDF downloads: 492

Abstract

Kondisi ditengah pandemi memaksa untuk melakukan pembelajaran mata pelajaran IPS secara daring, hal ini sejalan dengan pernyataan dari Perserikatan Bangsa Bangsa, yang menyatakan bahwa salah satu sektor yang terdampak adanya wabah ini adalah dunia Pendidikan. Maka dari itu dilakukan pembelajaran daring ditengah pandemi untuk melihat hasil belajar dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana menggambarkan analisis pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah  wawancara dan angket sebagai sumber data primer maupun data sekunder. Analisis data menggunakan model analisis Miles & Hubert (1994) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan serta verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat termotivasi dari pembelajaran daring yang disajikan baik oleh pemerintah.    

 

Kata Kunci: pandemi, hasil belajar, pembelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mohammad Imam Sufiyanto, IAIN Madura

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

References

Catharina, Anni Tri dan Achmad Rifa’I, Psikologi Pendidikan (Semarang: UNNES Press, 2011.

Damayanti, Nafiyah. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas V A Di Mi Asas Islam Kalibening Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi IAIN Salatiga, Salatiga, 2020.

Fitra Riantina, Aldya dan Riskey Oktavian. “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 20, 5 April, 2020...

Gunawan, Rudi. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, & Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2015.

Hayati, Nur. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 2017.

Ika Handarini, Oktavia dan Siti Sri Wulandari. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).

Isman, Mohammad. Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Jaringan) . Sumatera Utara: Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. 2016.

Malyana, Andasia. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 2, No. 1, 4 Februari 2020.

Rasimin, R. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif. Salatiga: Mitra Cendekia, 2010.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.

Suhada, Idad dkk, Pembelajaran Daring berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi pada masa Pandemi Covid-19. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati, 2020.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2013.

Syarifuddin, Albitar. “Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing Universitas Trunojoyo Madura”. 2020. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, ISSN 2528-4371.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Published
2021-06-14
Section
Articles