CAMPUR KODE BAHASA ALAY DI KALANGAN REMAJA SMP TARUNA SURABAYA TIMUR

Dwi Nur Indah Sari, Juliana A, Bariyadin Bariyadin

Abstract


Campur kode adalah peristiwa pencampuran dua bahasa atau lebih dalam situasi berbahasa dan tidak ada situa siapapun yang menuntut pencampuran bahasa itu. Pada penelitian ini, campur kode merupakan pencampuran unsur-unsur bahasa alay kedalam bahasa Indonesia padaRemaja SMP Taruna Surabaya Timur. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan wujud-wujud campur kode yang terjadi pada bahasa Remaja SMP Taruna Surabaya Timur, yaitu penyisipan unsur bahasa alay yang berwujud kata , frase, klausa, baster, dan pengulangan kata.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak lanjutan, teknik rekam, teknik pengkodean, dan teknik transkrip. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode distribusional. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan hal-hal berikut: Terdapat 85 penyisipan unsur yang berwujud kata, terdapat 13 penyisipan unsur yang berwujud frase, terdapat 7 penyisipan unsur yang berwujud klausa, terdapat 11 penyisipan unsur yang berwujud baster, dan terdapat 16 penyisipan unsur yang berwujud perulangan kata dalam dialog remaja SMP Taruna Surabaya Timur. Lima unsur tersebut terwakili oleh campur kode bahasa alay dan bahasa daerah (Jawa).

Full Text:

PDF

References


Aslinda dan Syafyahya, L. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik:Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Pengantar Awal liguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Malyani, R. (2011). Analisis Campur Kode Dalam Novel “Ketika Cinta Bertasbih” Karya Habiburrahman El Shirazy. UIN Jakarta.

Masitoh, S. (2013). CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA KE DALAM BAHASA JAWA PADA SIARAN RADIO JAMPI SAYAH DI RADIO SKB POP FM. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo, 03(01), 28–33.

Nababan, P. W. . (1991). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ningrat, K. (2012). Pengaruh Bahasa Alay. Retrieved January 27, 2019, from http.//siimute.blogspot.com/2012/pengaruh-bahasa-alay-terhadap.html.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakary

Sukoyo, J. (2010). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN PENYIAR ACARA CAMPURSARI RADIO PESONA FM. Lingua, 6(2–8).




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Agik Nur Efendi
Call/SMS/WA: 085732475307

E-mail :
ghancaran@iainmadura.ac.id

Lokasi Ghancaran