STRATEGI MENANGANI KESULITAN MENULIS (DISGRAFIA) MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI SEKOLAH

  • Novita Sari Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi
  • Ade Kusmana
  • Eko Kuntarto
Abstract views: 9237 , PDF downloads: 7612
Untitled downloads: 0

Abstract

Disgrafia adalah anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menulis dan kesulitan dalam hal menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tertulis. Faktor-Faktor penyebabnya adalah kelainan neurologis yang menghambat kemampuan menulis secara fisik, sehingga anak mengalami kesulitan untuk memegang pensil dengan baik. Oleh karena itu guru perlu memahami gejala, ciri-ciri, dan jenis disgrafia. Serta menemukan strategi yang tepat untuk menangani anak disgrafia dalam hal keterampilan menulis. Guru harus menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kondisi anak, karena tidak semua strategi pembelajaran cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan strategi menangani kesulitan menulis (disgrafia) melalui pembelajaran partisipatif di Sekolah. Adapun strategi yang bisa digunkan oleh guru diantaranya strategi kegiatan pra menulis, menjiplak huruf, menulis huruf balok, dan menulis huruf bersambung.

Kata Kunci: Disgrafia, belajar menulis, strategi pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, R.U. 2016. Jangan biarkan anak kita berkesulitan belajar. Solo: Tiga serangkai.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunadi, T. 2011. Merekapun Bisa Sukses. Jakarta: Penebar Swadaya Group.

Kuntarto, E. 2017. Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Lisinus, R. & Pastiria, S. 2020. Sebuah Perspektif dan Konseling Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus. Yayasan Kita Menulis.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad. & Jamila K.A. 2007. Special Educational For Special Children: Panduan Pendidikan Khusus dengan Ketunaan dan Leraning Disabilities. Jakarta: Hikmah.

Tarigan, H. G. 2013.Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Timotius, K.H. 2018. Otak dan Perilaku. Yogyakarta: Andi Ofset.

Widyastuti, A. 2019. 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Penerbit PT Elex Media.

Yusuf, M. dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Published
2020-07-22
How to Cite
Sari, N., Kusmana, A., & Kuntarto, E. (2020). STRATEGI MENANGANI KESULITAN MENULIS (DISGRAFIA) MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI SEKOLAH. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 56-63. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3265
Section
Articles