STRATEGI MENANGANI KESULITAN MENULIS (DISGRAFIA) MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI SEKOLAH
Abstract
Disgrafia adalah anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menulis dan kesulitan dalam hal menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tertulis. Faktor-Faktor penyebabnya adalah kelainan neurologis yang menghambat kemampuan menulis secara fisik, sehingga anak mengalami kesulitan untuk memegang pensil dengan baik. Oleh karena itu guru perlu memahami gejala, ciri-ciri, dan jenis disgrafia. Serta menemukan strategi yang tepat untuk menangani anak disgrafia dalam hal keterampilan menulis. Guru harus menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kondisi anak, karena tidak semua strategi pembelajaran cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan strategi menangani kesulitan menulis (disgrafia) melalui pembelajaran partisipatif di Sekolah. Adapun strategi yang bisa digunkan oleh guru diantaranya strategi kegiatan pra menulis, menjiplak huruf, menulis huruf balok, dan menulis huruf bersambung.
Kata Kunci: Disgrafia, belajar menulis, strategi pembelajaran.
Downloads
References
Aziz, R.U. 2016. Jangan biarkan anak kita berkesulitan belajar. Solo: Tiga serangkai.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gunadi, T. 2011. Merekapun Bisa Sukses. Jakarta: Penebar Swadaya Group.
Kuntarto, E. 2017. Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Lisinus, R. & Pastiria, S. 2020. Sebuah Perspektif dan Konseling Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus. Yayasan Kita Menulis.
Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad. & Jamila K.A. 2007. Special Educational For Special Children: Panduan Pendidikan Khusus dengan Ketunaan dan Leraning Disabilities. Jakarta: Hikmah.
Tarigan, H. G. 2013.Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Timotius, K.H. 2018. Otak dan Perilaku. Yogyakarta: Andi Ofset.
Widyastuti, A. 2019. 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Penerbit PT Elex Media.
Yusuf, M. dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.