IMPLEMENTASI SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MA AZ-ZUBAIR TLANAKAN PAMEKASAN
Abstract
Supervisi atau pengawasan dilaksanakan sebagai usaha dalam memastikan bahwa seluruh kegiatan berjalan sebagaimana mestinya sekaligus sebagai antisipasi ketika ada persoalan yang perlu ditindak lanjuti dengan serius. Dalam lembaga pendidikan sepervisi sebagai kontrol utama bagi kepala madrasah dalam memastikan kegiatan berjalan dengan lancar menyesuaikan dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian ke MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan tentang implementasi supervisi dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yang terdiri dari tiga fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana implementasi supervisi dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan; 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan; 3) Bagaimana dampak atau implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan.
Downloads
References
Majid, Abdul. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Aksara Timur, 2017.
Harding, Diana dkk, “Pelatihan dan Pengembangan SDM Sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan MEA,” Psikologi Sains dan Profesi 2, no. 2 (Agustus, 2018).
Haryati, R. Ati. “Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Sukses Bersama Jakarta,” Sekretari dan Manajemen 3, no. 1 (Maret, 2013).
Ilham, Moch, Wahid, “Supervisi Pendidikan dalam Perspektif Epistimologi Islam,” Pedagogik 4, no. 1 (Januari-Juni, 2017).
Minarti, Sri. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011
Mudzakir, Dede. “Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah,” Ilmiah Pendidikan 10, no. 2 (2016)
Nurhadi, Ali dkk “Penarikan Minat Masyarakat sebagai Wujud Strategi Kepala Sekolah dalam membangun Citra Positif Lembaga di SMA Wachid Hasyim Pamekasan”, re-JIEM: Research Journal of Islamic Education Management 4, No. 2 (2021).
Priansa, Donni, Juni, dkk. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2014.
Rachmawati, Tuti. “Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru,” Coopetition 7, no. 1 (Maret, 2016).
Saebani, Beni, Ahmad, dkk. Filsafat Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.
Sholehah, Wardatus dkk, “The Implementationof Supervision of Madrasah Principal in Developing a Guidance and Counseling Program,” An International Multidisciplinary Double-Blind Peer-reviewed Research Journal 3 no. 2 (Juli, 2021)
Sudiartono, “Manajemen Tenaga Kependidikan di SMP Negeri Satap Tira,” Pendais 2, no. 1 (Juni, 2020).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2015).
Suryani, Cut. “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh,” Ilmiah DIDAKTIKA 16, no. 1 (Agustus, 2015).
Terry, George R. Dkk. Dasar-Dasar Manejemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Ushansyah, “Kepimpinan Lembaga Pendidikan Islam,” Kopertais Wilayah XI Kalimantan 14, no. 26 (Oktober, 2016).
Copyright (c) 2022 Abd. Halik, Ali Nurhadi, Badrus Soleh, David Adi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.