Implementation of Discovery Learning Model in Improving Students’ Activity on Social Studies Subject
Abstract
Pada saat pembelajaran IPS berlangsung siswa kelas VIII MTsN 2 masih banyak yang tidak fokus dalam pembelajaran seperti halnya mengobrol dengan teman sebangkunya, melamun, dan sering izin keluar kelas. Oleh karena itu, penggunaan model discovery learning sangat penting untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan indikator keaktifan belajar yaitu aktif belajar yang terjadi dengan proses mengalami, aktif belajar dengan bentuk peristiwa belajar aktif, aktif belajar melalui proses mengatasi masalah dengan menggunakan model discovery learning kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa diantaranya fokus mendengarkan penjelasan guru, aktif menjawab pertanyaan, aktif bertanya ketika ada materi yang tidak dimengerti, aktif dalam kegiatan diskusi, aktif dalam memecahkan masalah tentang materi yang dipelajari, serta aktif mengutarakan ide guna menyelesaikan masalah. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I yaitu siswa yang aktif 24%, kurang aktif 44%, tidak aktif 32% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase siswa aktif 91% sedangkan pada siswa yang kurang aktif 9%.
Downloads
References
Edo, M. K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VIIISMP Negeri 2 Bajawa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Feriyanti, D. (2018). Discovery Learning As a Method To Teach Descriptive Text in Building Students’ Character: a Case of Seventh Grade Students of Smp N 3 Ulujami. ETERNAL (English Teaching Journal), 5(2). https://doi.org/10.26877/eternal.v5i2.2148
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional, Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. In Action Research.
Kuswati, E. (2016). Improving Learning Activities by Implementing Scientific Approach through Discovery Learning Model. Dinamika Pendidikan Unnes, 11(1), 26–33. https://doi.org/10.15294/dp.v11i1.8698
Muhayati, E. I., Trisnawaty, W., & Subaidah, S. (2023). Implementation of Discovery Learning Models to Improve Students Mathematic Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3975–3980. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.2190
Nefianti. (2021). Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Metode Active Learning Tipe True of False Kelas Vii Smp N 05 Lebong (p. 127).
Sarimanah, E., Dewi, F. I., Efendi, R., Suhendra, S., Nurul, M., & Soeharto, S. (2019). The Implementation of Discovery Learning Models in Enhancing Speech Script Writing Skills for Students. Lingua Cultura, 13(2), 145. https://doi.org/10.21512/lc.v13i2.5613
sinar. (2018). Metode active learning : upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa/ Drs. Sinar, M.Ag. (p. 20).
Sofiah Al Azizani. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49–64. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1.4625
Suryadi, T. D. T. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Mataram. Alsys, 1(1), 22–33. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.7
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Meningkatlan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik (p. 80).
Copyright (c) 2023 ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.