Implementation of Discovery Learning Model in Improving Students’ Activity on Social Studies Subject

  • Rahma Lailatul Safitri Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Siti Azizah Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 164 , PDF downloads: 134
Keywords: Discovery Learning, Active Learning, Social Studies Subject

Abstract

Pada saat pembelajaran IPS berlangsung siswa kelas VIII MTsN 2 masih banyak yang tidak fokus dalam pembelajaran seperti halnya mengobrol dengan teman sebangkunya, melamun, dan sering izin keluar kelas. Oleh karena itu, penggunaan model discovery learning sangat penting untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan indikator keaktifan belajar yaitu aktif belajar yang terjadi dengan proses mengalami, aktif belajar dengan bentuk peristiwa belajar aktif, aktif belajar melalui proses mengatasi masalah dengan menggunakan model discovery learning kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa diantaranya fokus mendengarkan penjelasan guru, aktif menjawab pertanyaan, aktif bertanya ketika ada materi yang tidak dimengerti, aktif dalam kegiatan diskusi, aktif dalam memecahkan masalah tentang materi yang dipelajari, serta aktif mengutarakan ide guna menyelesaikan masalah. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I yaitu siswa yang aktif 24%, kurang aktif 44%, tidak aktif 32% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase siswa aktif 91% sedangkan pada siswa yang kurang aktif 9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edo, M. K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VIIISMP Negeri 2 Bajawa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).

Feriyanti, D. (2018). Discovery Learning As a Method To Teach Descriptive Text in Building Students’ Character: a Case of Seventh Grade Students of Smp N 3 Ulujami. ETERNAL (English Teaching Journal), 5(2). https://doi.org/10.26877/eternal.v5i2.2148

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional, Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. In Action Research.

Kuswati, E. (2016). Improving Learning Activities by Implementing Scientific Approach through Discovery Learning Model. Dinamika Pendidikan Unnes, 11(1), 26–33. https://doi.org/10.15294/dp.v11i1.8698

Muhayati, E. I., Trisnawaty, W., & Subaidah, S. (2023). Implementation of Discovery Learning Models to Improve Students Mathematic Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3975–3980. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.2190

Nefianti. (2021). Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Metode Active Learning Tipe True of False Kelas Vii Smp N 05 Lebong (p. 127).

Sarimanah, E., Dewi, F. I., Efendi, R., Suhendra, S., Nurul, M., & Soeharto, S. (2019). The Implementation of Discovery Learning Models in Enhancing Speech Script Writing Skills for Students. Lingua Cultura, 13(2), 145. https://doi.org/10.21512/lc.v13i2.5613

sinar. (2018). Metode active learning : upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa/ Drs. Sinar, M.Ag. (p. 20).

Sofiah Al Azizani. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49–64. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1.4625

Suryadi, T. D. T. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Mataram. Alsys, 1(1), 22–33. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.7

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Meningkatlan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik (p. 80).

Published
2023-12-12
How to Cite
Safitri, R. L., & Siti Azizah. (2023). Implementation of Discovery Learning Model in Improving Students’ Activity on Social Studies Subject . Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 267-282. https://doi.org/10.19105/ejpis.v5i2.10349
Section
Articles