IMPLEMENTASI ‘MASYARAKAT MADANI’ BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PRAKTIK SOSIAL PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR
Abstract
Artikel ini membuktikan, bahwa pendidikan pesantren memiliki nilai lebih dari pada pendidikan non-pesantren. Hal ini dibuktikan dengan; 1) Peserta didik/santri mampu menerapkan nilai agama dan nilai sosial, 2) Peserta didik /santri mampu menghadapi tantangan era globalisasi dengan tetap mempertahankan nilai-nilai etika dan moral sesuai dengan tuntunan agama, dan 3) Peserta didik /santri mampu berkompetensi dan menghasilkan karya. Tulisan ini menggunakan pisau analisis yang dikemukakan oleh Talcott Parsons melalui teori fungsionalisme struktural; unit tindakan menuju sistem tindakan, yang menjadi faktor pembentuk santri di pondok pesantren dalam merealisasikan nilai-nilai, norma-norma, kesadaran secara kolektif, dan terus melekat dalam diri santri/santri, yang hal tersebut tidak dijamah oleh pendidikan non-pesantren. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berupa observasi dan wawancara yang bersifat analisis-diskriptif berdasarkan perspektif sosiologi.
Downloads
References
Abdulkarim, Aim. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: PT Grafendo Media.
Afif, Kiai Abdullah. 2015. Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB. Yogyakarta: PISS-KTB.
Arrifa’i, Ibnu Assayuthi. 2010. Korelasi Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan dan NU; Mengenang dan Menghayati Perjuangan Sang Inspirator. Jakarta: Al-haula press.
Ariana, Sunda. 2017. Manajemen Pendidikan: Peran Pendidikan dalam Menanamkan Budaya Inovatif dan Kompetetif. Yogyakarta: Andi.
Atiqullah. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Surabaya: Pena Sasabila.
Atiqullah. 2016. Perilaku kepemimpinan Kolektif Pesantren. Surabaya: Pustaka Radja.
Buku Santri Lembaga Pendidikan Islam Darul Ulum Banyuanyar. 2014.
Bungin, Burhan. 2005. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Crab, Ian. 1995. Teori-teori Sosial Modern dari Parsons sampai Habermas. Jakarta: CV. Rajawali.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kuaitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang:YA3.
Feisal, Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Gea, Antonius Atosokhi. 2005. Relasi dengan Sesama Character Building II. Jakarta: PT. Flex Media Komputindo.
Koentjaraningrat. 2004. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gema Insani.
Kompri. 2018. Manajemen & Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kuntowijoyo. 2002. Perubahan Sosial dalam Masyarakat Agraris Madura 1850-1940. Yogyakarta: Matabangsa.
Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.
Maidin, Andi Rusdi. 2017. Model Kepemimpinan Uwatta dalam Komunitas Tolotang Benteng. Makasar: CV Sah Media.
Majalah Fatwa. 1996. “Biografi KH. Abdul Majid”. Pamekasan: PP. Darul Ulum Banyuanyar (Edisi 03/th. 11/Agustus-September 1996).
Mastuhu. 1994. Dimanika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Milan, Gliuseppe. 2000. Educare all’incotro la edagoia di martin buber. Cittanuova.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwoko, Saktiyono B. 2012. Psikologi Islami Teori dan Penelitian. Bandung: Saktiyono Press.
Qomar, Mujamil. 2007. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokatisasi Institusi, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Siraj, Said Aqil. 2005. Visi Pesantren Masa Depan (Makalah Seminar Nasional: Musabaqah al-Qur’an Nasional V Telkom).
Soebahar, Abd. Halim. 2013. Modernisasi Pesantren: Transformasi Kepemimpinan Kiai dalam Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: PT. LKIS Printing Cemerlang
Sukanto, Surjono. 1982. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: UI Press.
Sukidi. 1998. “Membangun Masyarakat Madani”, KOMPAS, 19 April 1998.
Tilaar, H.A.R. 19988. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Magelang: Tera Indonesia.
Wahid, Abdurrahman. 1981. Bunga Rampai Pesantren. Jakarta: CV Dharma Bhakti.
Widyatmadja, Josef P. 2009. Kebebasan dan Globalisasi dalam Diplomasi Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wirawan, I.B. 2015. Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma, Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial. Jakarta: Prenandamedia Group.
Yinger, J. Milton. 1970. The Scientific Study Religion. New York: Macmillan
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.