PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPI NURUL YAQIN BUJUR TIMUR BATU MARMAR PAMEKASAN
Abstract
Pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Islam Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dan seberapa besar pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian populasi (Populasi Research) yaitu seluruh siswa-siswi SMPI Nurul Yaqin yang berjumlah 45 orang. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif artinya dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yang sifatnya Korelasional yaitu mencari hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi, dari pengumpulan data yang didapat melalui angket dianalisis secara manual dengan mengunakan analisis Product Moment adalah salah satu teknik untuk mencari korelasi antara dua variabel yang kerap kali digunakan. Sehingga hasil data menunjukka adanya pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Renika Cipta, 2006.
Ernata, Yusvidha. Analisis Motivasi Belajar Peserta didik melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar, IKIP Budi Utomo Malang, Jurnal Pemikiran dan pengembangan SD, Volume 5, Nomer 2, September 2017.
Hartono, Rudi. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid, Jogjakarta: Diva Press, 2014.
Ilahi, Muhammad takdir. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Mabruri Risky Ardi. Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun ke-5 2016, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Solichin, H. M. Muchlis. Psikologi Pendidikan Berparadigma Konstruktivistik, Surabaya: CV Salsabila Putra Pratama, 2016.
Tim Revisi, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pamekasan: STAIN Press, 2015.
Yuliana, Wawancara, Bujur Timur, 10-September-2018.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.