Penamaan Nilai-Nilai Sosial pada Mata Pelajaran Sosiologi melalui Metode Role Playing Terhadap Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan
Abstract
Sosiologi merupakan rumpun Ilmu Sosial yang memuat nilai-nilai sosial dan bisa membentuk perilaku peserta didik apabila bisa dipahami dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode studi kasus yang meneliti tentang peran metode role playing dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik sehingga memiliki pemahaman nilai sosial melalui mata pelajaran Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi yang digunakan oleh guru Sosiologi dalam melakukan penanaman nilai sosial terhadap siswa kelas X IPS dengan menggunakan metode role playing bisa lebih efektif dan maksimal. Kedua, dampak dari hasil internalisasi aspek spiritual dalam pembelajaran IPS sikap siswa setelah dilakukan penanaman nilai sosial melalui metode role playing menunjukkan perubahan sikap siswa yang menjadi lebih baik yakni memiliki sikap sosial yang baik. Ketiga, kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan penanaman nilai sosial yaiu karakter siswa yang berbeda dalam megikuti mata pelajaran, sedangkan solusi yang dilakukan oleh guru yaitu tetap memotivasi siswa dan memberikan semangat untuk terus berusaha berubah lebih baik lagi.
Kata kunci: Sosiologi, nilai sosial, metode, role playing, sikap sosial
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori, dan Penerapan Jakarta: Bumi Aksara, 2002
Arifin, Muhammad.“Penerapan metode Role Playing dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara” Jurnal Arabiah Vol 3 Nomor 2, (Desember 2017)
Baroroh, Kiromin. Upaya Meningkatkan Niali-Nilai Karakter Peserta didik melalui penerapan Metode Role Palying. Jurnal Ekonomi & Pendidikan,Volume 8Nomor 2. November 2013.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif-Teori Dan Praktek, Jakarta: BumiAksara, 2014.
https://kbbi.web.id/nilai/html
Hudiyono,2012 Membangun Karakter Siswa Surabaya: Erlangga.
Gunawan, Imam.2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Idi, Abdullah.Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Moleong, Lexy J.2011. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukrima, Syifa.2014. 53 Metode Belajar Pembelajaran Plus Aplikasinya Bandung: Bumi Siliwangai.
Mulyono,2011. Strategi pembelajaran menuju efektifitas pembelajaran di abad gobalMalang: UIN Maliki Press.
Nurhasana, Ismawati Alida dkk, Penerapan Metode Role Playing Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Meteri Hubungan Makhluk Hidup Dengan Linkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, Vol 1. No. 1 (2016).
Patilima, Hamid Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: ALFABETA, 2007
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Pamekasan: STAIN Pamekasan Press, 2012Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia Nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran Pada kurikulum 2013 Pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Sapriya,Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009.
Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyo, Sosiologi Suatu Pengantar Jakarta: Rajawali Pers, 2014
Soewadji, Jusuf Pengantar Metodologi Penelitian Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.
Suardi, Moh Sosiologi Pendidikan Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu,2017.
Sudarsono, Agus dan Agustina Tri Wijayati.Pengantar Sosiologi Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta, 2016.
Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: ALFABETA, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D Bandung: Alfabeta, 2014.
Sukardi, Joko Sri dan Arif Rohman, Sosiologi Kelas X SMA/MA Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Supardi dan Saliman, Penanaman Niali-Nilai dalam pembelajaran IPS di SMP Syaodih, Nana Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2010.
Tanzeh,Ahmad.Metodologi Penelitian Praktis Yogyakarta: Teras, 2011.
Wicaksono, Galih dan Najlatun Naqiyah, Penerapan Tehnik Bermain peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. Volume 1 Nomer1 Tahun 2013 pp 16, Januari,2013.
Yusuf, A.Muri.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014
DAFTAR PUSTAKA
Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori, dan Penerapan Jakarta: Bumi Aksara, 2002
Arifin, Muhammad.“Penerapan metode Role Playing dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara” Jurnal Arabiah Vol 3 Nomor 2, (Desember 2017)
Baroroh, Kiromin. Upaya Meningkatkan Niali-Nilai Karakter Peserta didik melalui penerapan Metode Role Palying. Jurnal Ekonomi & Pendidikan,Volume 8Nomor 2. November 2013.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif-Teori Dan Praktek, Jakarta: BumiAksara, 2014.
https://kbbi.web.id/nilai/html
Hudiyono,2012 Membangun Karakter Siswa Surabaya: Erlangga.
Gunawan, Imam.2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Idi, Abdullah.Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Moleong, Lexy J.2011. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukrima, Syifa.2014. 53 Metode Belajar Pembelajaran Plus Aplikasinya Bandung: Bumi Siliwangai.
Mulyono,2011. Strategi pembelajaran menuju efektifitas pembelajaran di abad gobalMalang: UIN Maliki Press.
Nurhasana, Ismawati Alida dkk, Penerapan Metode Role Playing Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Meteri Hubungan Makhluk Hidup Dengan Linkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, Vol 1. No. 1 (2016).
Patilima, Hamid Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: ALFABETA, 2007
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Pamekasan: STAIN Pamekasan Press, 2012Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia Nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran Pada kurikulum 2013 Pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Sapriya,Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009.
Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyo, Sosiologi Suatu Pengantar Jakarta: Rajawali Pers, 2014
Soewadji, Jusuf Pengantar Metodologi Penelitian Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.
Suardi, Moh Sosiologi Pendidikan Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu,2017.
Sudarsono, Agus dan Agustina Tri Wijayati.Pengantar Sosiologi Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta, 2016.
Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: ALFABETA, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D Bandung: Alfabeta, 2014.
Sukardi, Joko Sri dan Arif Rohman, Sosiologi Kelas X SMA/MA Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Supardi dan Saliman, Penanaman Niali-Nilai dalam pembelajaran IPS di SMP Syaodih, Nana Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2010.
Tanzeh,Ahmad.Metodologi Penelitian Praktis Yogyakarta: Teras, 2011.
Wicaksono, Galih dan Najlatun Naqiyah, Penerapan Tehnik Bermain peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. Volume 1 Nomer1 Tahun 2013 pp 16, Januari,2013.
Yusuf, A.Muri.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014
Idi, Abdullah.Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Moleong, Lexy J.2011. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya.
ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher with licensed under a
- Journal is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Journal is permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
- Here is Copyright Transfer Form that author can download and send to OJS during submission.