Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah

  • Sofiah Al Azizani SMP IC Nurul Hidayah
Abstract views: 509 , PDF downloads: 534

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi bekal utama yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi era disrupsi dewasa ini. Titik sentral yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan keterampilan tersebut adalah melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran IPS tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes yang dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tipe Group Investigation dalam pembelajaran IPS terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, terbukti dari beberapa hal berikut; (1) Kondisi keterampilan berpikir kritis siswa pra-siklus sebesar 40% berada pada kondisi kurang, dan 35% berada pada kategori cukup; (2) Pada siklus I keterampilan berpikir kritis siswa dibawah standar minimal telah berkurang menjadi 25%; (3) Kemudian hanya tersisa 15% siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dibawah standar minimal. Penelitian ini merekomendasikan agar menguji coba metode maupun model pembelajaran yang lain untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-12
How to Cite
Sofiah Al Azizani. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49-64. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1.4625
Section
Articles