UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN: MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AN-NIZHAM KOTA JAMBI

  • Summiyani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Hilmi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Yuliana Afifah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Fransisko Chaniago Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
Abstract views: 67 , PDF downloads: 101
Keywords: Manajemen Pendidikan, Manajemen Peserta Didik, Mutu Pendidikan

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Meliputi pengelolaan secara efisien dan efektif seluruh kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pembinaan, dan evaluasi siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nizham Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala madrasah, guru, dan komite. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pertama, analisis perencanaan di Madrasah Tsanawiyah An-Nizham Kota Jambi yaitu analisis kebutuhan calon peserta didik, proses penerimaan, seleksi peserta didik, orientasi, penempatan, pengelompokan, dan pelaporan peserta didik. Kedua, pembinaan yang sudah dilakukan dengan kedisiplinan peserta didik melalui sholat dhuha setiap pagi hari, pembinaan kepemimpinan dalam berorganisasi, bimbingan Konseling diberikan oleh guru bimbingan konseling. Ketiga, evaluasi siswa dengan menggunakan tolak ukur untuk menghitung skor prestasi siswa serta evaluasi terhadap hasil kurikuler dan ekstra kurikuler sebagai tolak ukur untuk mengetahui perkembangan siswa sesuai bakat dan minat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahan Departemen Agama; Daru Sunnah. 2012
Ali Munirom. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan” Vol. 7, No (2021): 156.
Amiruddin Siahaan. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022): 1349–58.
Azis, Rosmiaty. Pengantar Administrasi Pendidikan. Edited by Baharuddin. Edisi Ke 1. Yogyakarta: Sibuku, 2016.
Benty, Djum Djum Noor, and Imam Gunawan. “Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik,” 2017.
Dr. Hadiyanto, M.Ed. “Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter.” Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter, 2013, 78.
Jahari, Jaja, Heri Khoiruddin, and Hany Nurjanah. “P-ISSN: 2541-383X e-ISSN: 2541-7088 Manajemen Peserta Didik.” Isema 3, no. 2 (2018): 170–80.
Manda, Manda. “Fungsi Pengorganisasian Dan Evaluasi Peserta Didik.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 1, no. 1 (2016): 89–101. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.432.
Muspawi, Mohamad. “Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20, no. 3 (October 1, 2020): 744. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1050.
Oktriwan Sumarsono, Gathut, and Desi Nurhikmahyanti MPd. “Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sma Negeri 1 Pilangkenceng Kabupaten Madiun.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 4, no. 4 (2014): 61–71.
Sella Nuryani, Oyoh Bariah, Nancy Riana. “Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Peserta Didik Di MTsN 1 Karawang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022): 16073–80.
UPI, Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Published
2024-06-28
How to Cite
Summiyani, Hilmi, Yuliana Afifah, and Fransisko Chaniago. 2024. “UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN: MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AN-NIZHAM KOTA JAMBI”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 7 (1), 33-43. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i1.12289.