UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN: MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AN-NIZHAM KOTA JAMBI
Abstract
Manajemen peserta didik merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Meliputi pengelolaan secara efisien dan efektif seluruh kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pembinaan, dan evaluasi siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nizham Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala madrasah, guru, dan komite. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pertama, analisis perencanaan di Madrasah Tsanawiyah An-Nizham Kota Jambi yaitu analisis kebutuhan calon peserta didik, proses penerimaan, seleksi peserta didik, orientasi, penempatan, pengelompokan, dan pelaporan peserta didik. Kedua, pembinaan yang sudah dilakukan dengan kedisiplinan peserta didik melalui sholat dhuha setiap pagi hari, pembinaan kepemimpinan dalam berorganisasi, bimbingan Konseling diberikan oleh guru bimbingan konseling. Ketiga, evaluasi siswa dengan menggunakan tolak ukur untuk menghitung skor prestasi siswa serta evaluasi terhadap hasil kurikuler dan ekstra kurikuler sebagai tolak ukur untuk mengetahui perkembangan siswa sesuai bakat dan minat.
Downloads
References
Ali Munirom. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan” Vol. 7, No (2021): 156.
Amiruddin Siahaan. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022): 1349–58.
Azis, Rosmiaty. Pengantar Administrasi Pendidikan. Edited by Baharuddin. Edisi Ke 1. Yogyakarta: Sibuku, 2016.
Benty, Djum Djum Noor, and Imam Gunawan. “Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik,” 2017.
Dr. Hadiyanto, M.Ed. “Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter.” Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter, 2013, 78.
Jahari, Jaja, Heri Khoiruddin, and Hany Nurjanah. “P-ISSN: 2541-383X e-ISSN: 2541-7088 Manajemen Peserta Didik.” Isema 3, no. 2 (2018): 170–80.
Manda, Manda. “Fungsi Pengorganisasian Dan Evaluasi Peserta Didik.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 1, no. 1 (2016): 89–101. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.432.
Muspawi, Mohamad. “Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20, no. 3 (October 1, 2020): 744. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1050.
Oktriwan Sumarsono, Gathut, and Desi Nurhikmahyanti MPd. “Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sma Negeri 1 Pilangkenceng Kabupaten Madiun.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 4, no. 4 (2014): 61–71.
Sella Nuryani, Oyoh Bariah, Nancy Riana. “Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Peserta Didik Di MTsN 1 Karawang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022): 16073–80.
UPI, Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Copyright (c) 2024 Summiyani, Hilmi, Yuliana Afifah, Fransisko Chaniago
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.