IMPLEMENTASI RANHAM (RENCANA AKSI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA) MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI DI JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PROVINSI JAWA TIMUR

  • Anis Sukmawati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Syaifudin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M.A. Muhammad Ulul Azmi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hanna Silia Karti Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
Abstract views: 56 , PDF downloads: 19
Keywords: Disabilitas, Implementasi, Inklusif, Pendidikan, RANHAM

Abstract

Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) merupakan sebuah dokumen khusus yang menguraikan arah dan fokus dalam memastikan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, peningkatan, dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) di seluruh wilayah Negara, baik di tingkat Pemerintah Pusat maupun Daerah. Pedoman ini diharapkan dapat memberikan panduan yang lebih rinci kepada Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Aksi HAM dan sekaligus dalam pelaporan Aksi tersebut. Pendidikan inklusif merupakan sarana implementasi yang penting. Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang memperhatikan keberagaman setiap individu tanpa kecuali. Dengan diperkenalkannya konsep inklusi pada pendidikan menengah di Provinsi Jawa Timur, dapat membuka kesempatan bagi seluruh siswa untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen terkait implementasi RANHAM di jenjang pendidikan menengah. Subjek penelitian akan melibatkan para pemangku kepentingan terkait pendidikan inklusif di jenjang pendidikan menengah. Lokasi penelitian ini akan dilaksanakan di beberapa sekolah menengah di Provinsi Jawa Timur yang telah menerapkan pendidikan inklusif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus mendapatkan akses terhadap pendidikan formal. Tingkat pendidikan tertinggi yang diselesaikan oleh siswa inklusif juga semakin meningkat, hal ini menunjukkan bahwa pendidikan inklusif tidak hanya memberikan akses, namun memungkinkan siswa untuk menyelesaikan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi. Rata-rata lama bersekolah siswa inklusif juga mengalami peningkatan, yang menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus mempunyai kemungkinan lebih besar untuk bersekolah lebih lama dan menerima pendidikan yang lebih inklusif.

Kata kunci : RANHAM, pendidikan inklusif, disabilitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Rustandar and Dini Widinarsih. “Metode Dan Media Pembelajaran Untuk Pendidikan Inklusi Bagi Penyandang Autis Di Indonesia.” Last modified April 2023. Accessed May 2, 2024. https://garuda.kemdikbud.go.id/Documents/Detail/3447694.

Badan Pembinaan Hukum Nasional. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2015 Tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2015-2019, N.D.

Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Sekretariat Bersama Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia. “Capaian Aksi Ham 2015-2017 Dan Rencana Aksi Ham Daerah 2018-2019 Sebagai Implementasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2018 Tentang Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015),” N.D.

Direktorat Jendral Ham. “Format Pelaporan Aksi Ham Pemerintah Daerah Provinsi Tahun 2024,” n.d.

El Muhtaj, Majda, M. Fahmi Siregar, Reh Bungana Beru Pa, and Fazli Rachman. “Literasi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.” Jurnal HAM 11, no. 3 (December 11, 2020): 369.

Erissa, Dhea, and Dini Widinarsih. “Akses Penyandang Disabilitas Terhadap Pekerjaan: Kajian Literatur.” Jurnal Pembangunan Manusia 3, no. 1 (February 28, 2022). https://scholarhub.ui.ac.id/jpm/vol3/iss1/22.

Khanif, Al, Adam Muhshi, Rosita Indrayati, Nurul Laili Fadhilah, Dina Tsalist Wildana, Ayu Citra Satyaningtyas, and Muhammad Bahrul. “Kajian Tentang Model Rencana Aksi Daerah Hak Asasi Manusia (RADHAM) Kabupaten Bondowoso Tahun 2018” (June 1, 2019). Accessed May 18, 2024. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102938.

Munauwarah, Rahmadin, Ashadatul Zahra, Muhamad Supandi, Risma Ardianti Restiany, and Dimas Afrizal. “Pendidikan Inklusi Solusi Utama Untuk Anak Penyandang Disabilitas.” YASIN 1, no. 1 (October 30, 2021): 121–133.

Nurrahman, Ridwan Icwan, and Arinto Nugroho. “Kendala Pengawasan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di SMA Kota Surabaya.” NOVUM: JURNAL HUKUM 9, no. 3 (2022): 31–40.

“Hasil Pencarian-KBBI VI Daring.” Accessed May 16, 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/inklusif.

“Jatim Miliki 15 Daerah Yang Punya Sekolah Inklusif.” Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. Accessed May 16, 2024. https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/27293.

“Menjadi Guru Bernuansa HAM – Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia.” Accessed May 11, 2024. https://portal.ham.go.id/2015/09/5292/.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Akomodasi Yang Layak Untuk Peserta Didik Pet {Yandang Disabilitas, N.D.

Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025, n.d.

“Rakor Pengumpulan Dan Pengolahan Data Informasi Implementasi RANHAM.” Kantor Wilayah Jawa Timur | Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Accessed May 18, 2024. https://jatim.kemenkumham.go.id/pusat-informasi/artikel/2680-rakor-pengumpulan-dan-pengolahan-data-informasi-implementasi-ranham.

“Siap Dukung Implementasi RANHAM 2021-2025.” Accessed May 18, 2024. https://jatim.kemenkumham.go.id/pusat-informasi/artikel/10215-siap-dukung-implementasi-ranham-2021-2025.

Aldjon Nixon Dapa dan Roos Marie Stella Tuerah. Manajemen Sekolah Inklusi. Yogyakarta, 2021.

Brown, Zeta, ed. Inclusive education: perspectives on pedagogy, policy and practice. First published 2016. Routledge Education Studies Series. London ; New York: Routledge, 2016.

Calderón-Almendros, Ignacio, dan Gerardo Echeita-Sarrionandia. “Inclusive Education as a Human Right.” Dalam Oxford Research Encyclopedia of Education, oleh Ignacio Calderón-Almendros dan Gerardo Echeita-Sarrionandia. Oxford University Press, 2022. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.1243.

De Beco, Gauthier, Shivaun Quinlivan, dan Janet E. Lord, ed. The Right to Inclusive Education in International Human Rights Law. 1 ed. Cambridge University Press, 2019. https://doi.org/10.1017/9781316392881.

Douglas, Sarah N., Shelley E. Chapin, dan James F. Nolan. “Special Education Teachers’ Experiences Supporting and Supervising Paraeducators: Implications for Special and General Education Settings.” Teacher Education and Special Education: The Journal of the Teacher Education Division of the Council for Exceptional Children 39, no. 1 (Februari 2016): 60–74. https://doi.org/10.1177/0888406415616443.

Gehrke, Rebecca Swanson, dan Martha Cocchiarella. “Preservice Special and General Educators’ Knowledge of Inclusion.” Teacher Education and Special Education: The Journal of the Teacher Education Division of the Council for Exceptional Children 36, no. 3 (Agustus 2013): 204–16. https://doi.org/10.1177/0888406413495421.

“Hasil Pencarian - KBBI VI Daring.” Diakses 16 Mei 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/inklusif.

Muazar Habibi. Bahan Ajar Parenting ABK dan Inklusi. Yogyakarta: Deepublish, 2022.

Munauwarah, Rahmadin, Ashadatul Zahra, Muhamad Supandi, Risma Ardianti Restiany, dan Dimas Afrizal. “Pendidikan Inklusi Solusi Utama Untuk Anak Penyandang Disabilitas.” YASIN 1, no. 1 (30 Oktober 2021): 121–33. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.21.

Nisak, Zeni Hafidhotun. “Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) 2, no. 1 (9 Juli 2018): 98–107. https://doi.org/10.30631/pej.v2i1.18.

Rahmi, Iftita, Hanny Rufaidah Damra, Erika Desvianti, dan Hanifa Laura Dalimunthe. “Strategies for Successful Implementation of Inclusive Education in Indonesia: A Review.” In Trend : International Journal of Trends in Global Psychological Science and Education 1, no. 3 (13 Juni 2024): 30–36. https://doi.org/10.62260/intrend.v1i3.170.

Sari, Zola Permata, Riska Sarofah, dan Yusuf Fadli. “The Implementation of Inclusive Education in Indonesia: Challenges and Achievements.” Jurnal Public Policy 8, no. 4 (30 Oktober 2022): 264. https://doi.org/10.35308/jpp.v8i4.5420.

Satrianawati. Pendidikan inklusi. 1. Yogyakarta: Yogyakarta : Deepublish, 2019.

Soleh, Badrus., Ulum Munawwaroh. “Multiple Intelligence Learning-Based Education Management For Students With Special Needs. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 5, no. 1 (29 Juni 2023): 1-17. https://jieman.uinkhas.ac.id/index.php/jieman/article/view/182.

Published
2024-12-16
How to Cite
Anis Sukmawati, Syaifudin, M.A. Muhammad Ulul Azmi, and Hanna Silia Karti. 2024. “IMPLEMENTASI RANHAM (RENCANA AKSI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA) MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI DI JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PROVINSI JAWA TIMUR ”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 7 (2), 233-47. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i2.13933.
Section
Articles