STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR DALAM MEMBANGUN IMAGE BRANDING DI MEDIA SOSIAL

  • Ziyadul Ifdhal Ghazali STAI Darul Ulum Banyuanyar
  • Nasrullah STAI Darul Ulum Banyuanyar
Abstract views: 88 , PDF downloads: 107
Keywords: pondok pesantren, image branding, media sosial

Abstract

Sekolah saat ini dipandang sebagai perusahaan penyedia jasa pendidikan. Sebagai perusahaan, masyarakat sudah tidak lagi dipandang sebagai user pendidikan melainkan costumer pendidikan. Akibatnya, muncul persaingan antar lembaga pendidikan untuk mendapatkan costumer (siswa) sebanyak-banyak. Penelitian memiliki misi untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan dalam membangun image branding melalui media sosial di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deksriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deksriptif kualitatif. Ada dua data primer yang digunakan, yaitu aktivitas pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter (X), Youtube, dan Tiktok dan wawancara. Penelitian menunjukkan jika pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar menggunakan media sosial untuk tiga hal, sebagai media dakwah dan edukasi, media komunikasi dan informasi pondok pesantren, dan membangun image branding pondok pesantren di masyarakat. Demi mencapai ketiganya, pondok pesantren membentuk tim media sosial yang terdiri dari konten kreator dan pengawas untuk membangun image branding pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, Fabian. Sosial Media Marketing : Strategi Memaksimalkan Media Sosial Untuk Lejitkan Penjualan. Yogyakarta: Diva Press, 2021.
Efferi, Adri. “Dinamika Persaingan Antar Lembaga.” QUALITY 2, no. 1 (2014). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v2i1.2095.
Liedfray, Tongkotow, Fonny J Waani, and Jouke J Lasut. “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara.” FISPOL-Unsrat 2, no. 1 (2022): 1–13.
Lyesmaya, Dyah, and Iis Nurasiah. Pendidikan Global : Branding Dan Marketing Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Dee Publish, 2022.
Mujib, Fathul, and Tutik Saptiningsih. School Branding Strategi Di Era Disruptif. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara, 2020.
Mulyansyah, Gumilar Tintan, and Raya Sulistyowati. “Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya.” Pendidikan Tata Niaga 9, no. 1 (2020): 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056.
Mulyono. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Mustika. “Strategi Membangun School Branding Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Di SMK Dr. Soetomo Surabaya.” Jurnal Manajerial Bisnis 4, no. 1 (2020): 11–19. https://doi.org/10.37504/jmb.v4i1.278.
Piliang, Yasraf Amir. Dunia Yang Berlari : Dromologi, Implosi, Fastasmagoria. Yogyakarta: CV. Cantrik Pustaka, 2017.
Raya, Moch. Kafidz Fuad. “Marketing Jasa Di Institusi Pendidikan (Analisis Pemasaran Dalam Pendidikan).” Falasifa 7, no. 1 (2016): 21.
Roziqin, Zainur, and Hefny Rozaq. “Menggagas Competitive Advantage Melalui Image branding Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Didaktika 18, no. 2 (2018): 225. https://doi.org/10.22373/jid.v18i2.3244.
Setiadi, Ahmad. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, no. 1 (2022): 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102.
Sholihah, Tutut. “Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu.” J-Mpi 3, no. 2 (2018): 72–84. https://doi.org/10.18860/jmpi.v3i2.6455.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.
Susilo, Mohamad Joko. “Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 12, no. 1 (2022): 1–6.
Syarif, Zainuddin. Dinamisasi Manajemen Pendidikan Pesantren : Dari Tradisional Hingga Modern. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2018.
Published
2024-06-27
How to Cite
Ghazali, Ziyadul Ifdhal, and Nasrullah. 2024. “STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR DALAM MEMBANGUN IMAGE BRANDING DI MEDIA SOSIAL”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 7 (1), 70-82. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i1.12823.