STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR DALAM MEMBANGUN IMAGE BRANDING DI MEDIA SOSIAL
Abstract
Sekolah saat ini dipandang sebagai perusahaan penyedia jasa pendidikan. Sebagai perusahaan, masyarakat sudah tidak lagi dipandang sebagai user pendidikan melainkan costumer pendidikan. Akibatnya, muncul persaingan antar lembaga pendidikan untuk mendapatkan costumer (siswa) sebanyak-banyak. Penelitian memiliki misi untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan dalam membangun image branding melalui media sosial di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deksriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deksriptif kualitatif. Ada dua data primer yang digunakan, yaitu aktivitas pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter (X), Youtube, dan Tiktok dan wawancara. Penelitian menunjukkan jika pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar menggunakan media sosial untuk tiga hal, sebagai media dakwah dan edukasi, media komunikasi dan informasi pondok pesantren, dan membangun image branding pondok pesantren di masyarakat. Demi mencapai ketiganya, pondok pesantren membentuk tim media sosial yang terdiri dari konten kreator dan pengawas untuk membangun image branding pondok pesantren.
Downloads
References
Efferi, Adri. “Dinamika Persaingan Antar Lembaga.” QUALITY 2, no. 1 (2014). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v2i1.2095.
Liedfray, Tongkotow, Fonny J Waani, and Jouke J Lasut. “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara.” FISPOL-Unsrat 2, no. 1 (2022): 1–13.
Lyesmaya, Dyah, and Iis Nurasiah. Pendidikan Global : Branding Dan Marketing Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Dee Publish, 2022.
Mujib, Fathul, and Tutik Saptiningsih. School Branding Strategi Di Era Disruptif. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara, 2020.
Mulyansyah, Gumilar Tintan, and Raya Sulistyowati. “Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya.” Pendidikan Tata Niaga 9, no. 1 (2020): 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056.
Mulyono. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Mustika. “Strategi Membangun School Branding Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Di SMK Dr. Soetomo Surabaya.” Jurnal Manajerial Bisnis 4, no. 1 (2020): 11–19. https://doi.org/10.37504/jmb.v4i1.278.
Piliang, Yasraf Amir. Dunia Yang Berlari : Dromologi, Implosi, Fastasmagoria. Yogyakarta: CV. Cantrik Pustaka, 2017.
Raya, Moch. Kafidz Fuad. “Marketing Jasa Di Institusi Pendidikan (Analisis Pemasaran Dalam Pendidikan).” Falasifa 7, no. 1 (2016): 21.
Roziqin, Zainur, and Hefny Rozaq. “Menggagas Competitive Advantage Melalui Image branding Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Didaktika 18, no. 2 (2018): 225. https://doi.org/10.22373/jid.v18i2.3244.
Setiadi, Ahmad. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, no. 1 (2022): 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102.
Sholihah, Tutut. “Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu.” J-Mpi 3, no. 2 (2018): 72–84. https://doi.org/10.18860/jmpi.v3i2.6455.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.
Susilo, Mohamad Joko. “Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 12, no. 1 (2022): 1–6.
Syarif, Zainuddin. Dinamisasi Manajemen Pendidikan Pesantren : Dari Tradisional Hingga Modern. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2018.
Copyright (c) 2024 Ziyadul Ifdhal Ghazali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.