MANAJEMEN KEPEMIMPINAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN K.H. ABDUL WAHAB HASBULLAH BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepemimpinan lembaga pendidikan Islam di MA Unggulan K.H. Abdul Wahab Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, deskriptif-naratif, dan teks bacaan yang berkaitan dengan data yang dibutuhkan merupakan metode yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan data. Triangulasi, pencocokan teori dan sumber, prosedur, dan hasil observasi semuanya digunakan dalam keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan di MA Unggulan K.H. Abdul Wahab Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang berfokus pada peningkatan kinerja dan pengembangan lembaga pendidikan melalui kegiatan seperti rapat evaluasi, workshop, dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Kepemimpinan di MA Unggulan K.H. Abdul Wahab Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang bersifat demokratis dan persuasif, di mana keputusan diambil melalui musyawarah, tetapi ada kalanya kepala madrasah harus mengambil keputusan sepihak, juga dalam pembuat keputusan atau penentu keputusan tertinggi tetap di pegang oleh seorang kepala madrasah.
Downloads
References
Aebi, Vincent, and Gabriele Sabato, and Markus Schmid. “Risk Managemen, Corporate Governance, and Bank Performance in The Financial Crisis.” Journal of Banking & Finance, (2012): 3212-3226. https://web.actuaries.ie/sites/default/files/erm-resources/80_risk_management_financial_crisis.pdf.pdf.
Afifuddin. Administrasi Pendidikan. Bandung: Insan Mandiri, 2005.
Agung, Muhammad Wildan. “Selamat! Peraih Penghargaan MA Terbaik dalam Pengelolaan Website.” https://mauwh.sch.id/, 2023. https://mauwh.sch.id/post/selamat-peraih-penghargaan-ma-terbaik-dalam-pengelolaan-website.
Arikunto, Suharsimi. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.
Choir, A. “Urgensi Manajemen Pendidikan dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no.1 (2016): 44–54. https://doi.org/10.18860/JMPI.V1I1.3371.
Danim, Sudarwan, and Suparno. Manajemen Kepemimpinan Transformasional Ke Kepalasekolahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.
F, Rudy, and Riyanto Dwiwibawa. Siap Jadi Pemimpin? Latihan Dasar Kepemimpinan. Yogyakarta: Kanisius, 2008.
Iqbal, M. Yusuf. “Efektivitas Manajemen Kinerja Pengurus Dalam Mendisiplinkan Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Wonosari Bondowoso.” Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no.2 (2024): 1-6. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/1135/776.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Online, 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Machali, Imam. Kepemimpinan Pendidikan dan Pembangunan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Manurung, Junita, and Harlyn L Siagian. “Membangun Brand Image sebagai Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Lembaga Pendidikan.” Inovatif 7, no. 2 (2021): 365-381. https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/212/138.
Mardia, and Muhammad Mukhtar S, “Analisis Tipologi Dan Gaya Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Edu-Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no.2 (2022): 208–225. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/eduleadership/article/view/26601.
Mesiono., Suswanto, Rahmat Rifai Lubis, and Haidir. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Imam Muslim Serdang Bedagai.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 13 no. 1 (2021), 119–134. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad/article/view/6244/5636.
Mubin, Fatkhul. “Tafsir Emansipatoris: Pembumian Metodologi Tafsir Pembebasan.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan KeIslaman 3, no. 1 (2019): 131-151. https://jurnalptiq.com/index.php/mumtaz/article/view/37
Mujahid. Manajemen Madrasah Mandiri. Jakarta: Puslitbang, 2003.
Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung, 1988.
Nugraha, Muhamad Tisna. “Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam 10, no.1 (2016): 13-20. https://doi.org/10.24260/atturats.v10i1.447.
Nurhadi, Ali., Novela Angga Pratiwi, Badrus Soleh. “Penarikan Minat Masyarakat Sebagai Wujud Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Lembaga Di Sma Wachid Hasyim Pamekasan” Re-JIEM: ResearchJournal of Islamic Education Management 4, no. 2 (2021): 206-218. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i2.5847.
Pamungkas, Teguh. “Kepemimpinan Partisipatif Delegasi,Dan Pemberian Kewenangan.” Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI) 2, no. 2 (2024): 99-110. https://doi.org/10.55606/mri.v2i2.2488
Rahman, Danial, and Abu Rizal Akbar. “Problematika Yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam.” Nazzama 1, no.1 (2021): 76–89. http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/nazzama/article/view/25242.
Sariman. “Peran Lembaga Pendidikan Islampadadalam Membentuk Generasi Muslim Yang Kompetitif.” alfatah Jurnal Pendidikan 5, no. 5 (2024): 36-57. https://jurnal.smaamc.sch.id/index.php/belajar/article/view/71/122.
Sawaluddin, Faizal Rizqi, and Ridwan Rustandi. “Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Islam Di MTs Persis 3 Pameungpeuk.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 5, no. 4 (2020): 375–396. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i4.2306.
Sisran, Hapzi Ali, and Kemas Imron Rosadi. “Faktor yang mempengaruhi sistem manajemen lembaga pendidikan islam dalam kebijakan politik pendidikan islam di indonesia.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3, no.1 (2021): 38–51. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/668/434.
Soleh, Badrus., Kacung Wahyudi, Shofiatul Karofis, and Waqiatul Masrurah. “Change Management Of Tahfidz Khairunnas Sreseh Sampang Islamic Boarding School As A Strategic Effort To Develop Institutional Quality.” Re-JIEM: ResearchJournal of Islamic Education Management 7, no. 1 (2024): 131-141. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i1.14314.
Sufairoh. “Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13.” Jurnal Pendidikan Profesional 5, no.3 (2016): 116–125. http://www.jurnalpendidikanprofesional.co m/index.php/JPP/article/view/186/pdf_1 04.
Suheli. “Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 207–221. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2258/1547
Sulaeman, M. “Urgensi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam.” Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam 16, no.1 (2018): 56-67. https://jurnallppm.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/view/63.
Supriatna, Asep., Alfyan Syach, Vina Febiani Musyadad, Hani Nurhayanti, and Rini Novianti Yusuf. “Model Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Berbasis Entrepreneurship Menurut Perspektif Islam.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2123–2134. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.766.
Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sya’roni, M. “Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah Model Boarding School Kabupaten Lamongan.” Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 4, no. 2 (2017): 1676–1683. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/ hjsk.v7i1.2621.
Zarnazi, Rezi Akbar. “Management Analysis of Inclusive Educators.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9 no.1 (2024): 180-192, https://e-journal.uac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/4378/170.
Copyright (c) 2024 Sonia Isna Suratin -, Pandu Prayogo, Hailen Ike Yunida, Hujjatul Fakhrurridha, Dewi Fitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.