STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI LAYANAN PROGRAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA SMA NEGERI 2 PAMEKASAN

  • Rinta Ratnawati Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Abdul Wafi Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Saiful Hadi Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Hilmi Qosim Mubah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Rikawari Nusih Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Zeinal Abidin Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 143 , PDF downloads: 106
Keywords: Strategi, Karakter, Peduli Lingkungan, Pramuka

Abstract

Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang harus di bentuk oleh stakeholder pendidikan kepada peserta didik. Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan seseorang yang mencerminkan bahwasanya dirinya terus mengupayakan agar lingkungannya tetap terjaga yaitu dengan mencegah kerusakan lingkungan serta berusaha untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan alam yang sudah terjadi. Salah satu program yang dapat membentuk karakter peduli lingkungan yaitu dengan adanya layanan program ekstrakurikuler pramuka.  Melalui kegiatan pramuka, siswa tidak hanya dapat mengasah jiwa kepemimpinan, tolong menolong dan kedisiplinan saja melainkan juga dapat meningkatkan jiwa kepeduliannya terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, guru pembina pramuka dan juga siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembentukan karakter peduli lingkungan melalui layanan program ekstrakulikuler pramuka SMA Negeri 2 Pamekasan yaitu dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang berhubungan dengan peduli lingkungan kepada siswa, menempelkan media poster peduli lingkungan di sekitar lingkungan sekolah, memberikan himbauan serta bekerjasama dengan pihak luar; kedua, faktor pendukung dan penghambatnya, faktor pendukungnya: kegiatan Pramuka di SMA Negeri 2 Pamekasan yang bersifat wajib sehingga dapat secara terus menerus dalam mengajarkan peduli lingkungan kepada siswa. Sementara untuk faktor penghambatnya yaitu dari latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, artinya ada peserta didik yang memang sudah memiliki dasar karakter peduli lingkungan namun juga ada peserta didik yang kurang memiliki dasar karakter peduli lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurakhman, Omon, and Radif Khotamir Rusli. “Teori Belajar Dan Pembelajaran.” Didaktita Tauhid: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2017): 103–13. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651.

Aini, Faradia, and Abdul Aziz. “Menifestasi Manajemen Budaya Religius Di SDN II Pagendingan Galis Pamekasan.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 6, no. 1 (2023): 51–66.

Ariani, Dewi. “Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka.” Manajer Pendidikan 9, no. 1 (2019): 65–74.

AW, Rahmat. “Implementasi Konsep Kebersihan Sebagian Dari Iman Di Iain Raden Fatah Palembang.” Tadrib 1, no. 1 (2017): 66–81.

Bahtiar, Reza Syehma. Buku Ajar Pengembangan Kepramukaan. Surabaya: Uwks Press, 2018.

Chandra, Afry Adi, Herman J. Waluyo, and Nugraheni Eko Wardani. “Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Novel Sawitri Dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal.” Widyaparwa 49, no. 1 (2021): 111–23. https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i1.304.

Fiantika, Feny Rita. Metode Penelitian Kualitatif. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Hadi, Imam Anas. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Lembaga Formal.” Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang 3, no. 1 (2019): 1–31.

Isnaini, Muhammad. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Al-Ta Lim Journal 20, no. 3 (2013): 445–50. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41.

Jannah, Nur, and Khairul Umam. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12, no. 1 (2021): 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460.

Manfaati, Dianah. “Pembentukan Karakter Santri Melalui Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Di Pesantren Al-Fatah Muara Bungo Jambi.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 6, no. 1 (2023): 98–112. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v6i1.8944.

Masruroh, Masruroh. “Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan.” Jurnal Geografi Gea 18, no. 2 (2018): 130. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461.

M.B, Huberman A. Mikel & Miles. Qualitative Data Analisis. Beverly Hills: SAGE Publication, 1992.

Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2019): 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.

Mulyadi, Mahfida Inayati, and Nor Hasan. “Revitalisasi Pendidikan Islam Tradisional Dalam Era Transformasi Digital.” Al Qodiri Jurnal Penidikan, Sosial Dan Keagamaan 20, no. 3 (2023): 486–500.

Mulyadi, Mahfida Inayati, and Maimun. “Jenis-Jenis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Telaah Tentang Written Curriculum And Hidden Curriculum).” Jurnal Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 23, no. 1 (2024): 98–112.

Murdiyanto, Eko. Penelitian Kualitatif: Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran,” 2020.

Musfah, Jejen. Manejemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, Dan Praktik. Jakarta: Prenada Media, 2015.

Nurjannah, and Nurhayati Ode Aci. “Implementasi Pendidikan Karater Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman 11, no. 1 (2019): 1–20.

Purwanti, Dwi. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 1, no. 2 (2017): 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.

Rahmawati, Mahfida Inayati, and Ali Nurhadi. “Urgensi Pendekatan Dan Metode Diklat Terhadap Profesionalisme Guru PAI Di Era Society 5.0.” AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies 7, no. 1 (2024): 1121–37. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i1.924.The.

Ramayanti, Ani, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. “Nilai-Nilai Karakter Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 10 (2023): 7915–20. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3011.

Romedi. “Manejemen Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Pendidikan Kepramukaan Di SMK PGRI Jatiwangi Kabupaten Majalengka,” 2021.

Rusandi, and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, no. 1 (2021): 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.

Saleh, Sirajuddin. Analisis Data Kualitatif. Bandung: Penerbit Pustaka Ramadhan, 2017.

Sari, Esty Hikmah Mayank. “Upaya Pembina Pramuka Dalam Pembentukan Arakter Peduli Lingkungan Pada Siswa MI Al-Khoitiyah 1 Dalegan Panceng Gresik,” 2022.

Sari, Natalia Nilam. “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Wacana 13, no. 3 (2014): 178.

Sidiq, Umar, and Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya, 2019.

Soleh, Badrus, Nurul Azizah, and Abd Halik. "School Principal Innovation As A Strategy In Establishing Students' Religious Culture". JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, Vol 5, No 2 (2023). https://jieman.uinkhas.ac.id/index.php/jieman/article/view/192

Susanto, Dedi, Risnita, and M. Syahran Jailani. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora 1, no. 1 (July 1, 2023): 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.

Sutisna, Deni, Dyah Indraswati, and Muhammad Sobri. “Keteladanan Guru Sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 4, no. 2 (2019): 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236.

Umami, Yuniarta Syarifatul. “Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Tk Dalam Mengimplementasikan Program Sekolah Ramah Anak” (Studi Kasus Di Tk Aisyiyah Besuki Kabupaten Situbondo).” Universitas Negeri Yogyakarta, 2020.

Wahyudi, Kacung, Nurma Yunita, and Abdul Aziz. “Strategi Kepala Madrasah Dalama Mewujudkan Madrasah plus Keterampilan.” Jurnal Re-Jiem 6, no. 2 (2023): 51–66.

Wahyuni, Akhtim. Pendidikan Karakter. Sidoarjo: Umsida Press, 2016.

Widiasworo, Erwin. Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas: Outdoor Learning Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Riskiyah, E. M., Fariyanti, A., & Abidin, Z. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL DAN ISLAMI MENUJU ERA SOCIETY 5.0. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1-13.

Abidin, Z., & Ratnawati, R. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Pragaan Sumenep Di Era 5.0. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 96-105.

El-Haris, F. T., Aziz, A., & Abidin, Z. (2024). PEMANFAATAN PENYALURAN SARANA PRASARANA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA MA’ARIF 1 PAMEKASAN. Hijri, 13(1), 84-96.

Abidin, Z., & Maizah, S. (2023). Analisis Pendidikan Bermutu Melalui Tugas dan Kompetensi Supervisor. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(1), 50-57. Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kredibilitas Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Directiv, Non Directiv dan Kolaboratif. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(1), 134-140.

Published
2024-08-22
How to Cite
Ratnawati, Rinta, Abdul Wafi, Saiful Hadi, Hilmi Qosim Mubah, Rikawari Nusih, and Zeinal Abidin. 2024. “STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI LAYANAN PROGRAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA SMA NEGERI 2 PAMEKASAN”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 7 (1), 96-107. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i1.14190.