MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP KITAB KUNING

  • Hilmi Qosim Mubah IAIN Madura
Abstract views: 404 , PDF downloads: 350
Keywords: Bandongan, Learning Management, santri’s understanding, Sorogan, Islamic boarding school classic book

Abstract

This study indicates that learning is carried out with a series of activities consisting of the preparation, implementation, and closing stages. Understanding student's level consists of (1) high, (2) moderate, (3) low.  Assessment criteria (a) reading according to language rules, (b) the position of a word, (c) text understanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Saiful Bahri. Guru dan Siswa Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Fattah, Rohadi Abdul. Rekonstruksi Masa Depan (Dari Tradisional, ModernHingga Post Modern). Jakarta: Listafariska Putra, 2005.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Refika Aditama, 2011.
Khakiim, Uluul, I Nyoman Sudana Degeng, and Utami Widiati. “Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1, no. 9 (2016): 1730-34. https://media.neliti.com/media/publications/211613-pelaksanaan-membuka-dan-menutup-pelajarn.pdf.
Machmudah, Umi, and Abdul Wahab Rosyidi. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Mansur. Moralitas Pesantren; Meneguk Kearifan Dari Telaga Kehidupan. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.
Masitoh, and Laksmi Dewi. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Agama RI, Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, n.d.
Mubah, Hilmi Qosim. Manajemen Pesantren dan Pendidikan Luar Sekolah, Pamekasan: iainmadura press, 2019.
Nasir, Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Nurdin. Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press, 2003.
Sugiono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2016.
Tamlihah, Abd. Mukhid, dan Hilmi Qosim Mubah. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri di Pondok Pesantren Nurus Sibyan Ambat Tlanakan Pamekasan.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 3, no 1 (2020): 96. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i1.2957.
Trianto. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Mastuhu. Dinamika Pendidikan Pesantren; Suatu Kajian Tentang Unsur Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
Mardiyah, Kepemimpinan Kiai Dalam Memelihara Budaya Organisasi, Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2012.
Abdullah, M. Amin, Metodologi Penelitian Agama, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006.
Anwar, Ali, Pembaruan Pendidikan Di Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Arifin, Imron dan Muhammad Slamet, Kepemimipinan Kyai Dalam Perubahan Manajemen Pondok Pesantren; Kasus Ponpes Tebuireng Jombang, Yogyakarta: CV. Aditya Media, 2010.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Kalimah, 2001.
Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning, Pesantren, Dan Tarekat, Bandung: Mizan, 1995.
Daradjat, Zakiah, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Daulay, Haidar Putra, Historisitas Dan Eksistensi Pesantren, Sekolah Dan Madrasah, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001.
Madjid, Nurcholis, Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta: Dian Rakyat, tanpa tahun.
Mahfudh, Sahal, Pesantren Mencari Makna, Jakarta: Fatma Press, 1999.
Mansur, Moralitas Pesantren; Meneguk Kearifan dari Telaga Kehidupan. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.
Rukiati, Enung K dan Fenti Hikmawati. Sejarah Pendidikan Di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Wahid, Abdurrahman, Menggerakkan Tradisi, Yogyakarta: LKiS, 2010.
Published
2021-12-01
How to Cite
Mubah, Hilmi Qosim. 2021. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP KITAB KUNING”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 4 (2), 137-53. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i2.5347.
Section
Articles