Konsep Positivisme dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Merdeka Belajar


Abstract
The background in this article is about the policies that have been offered by the Minister of Education and Culture Nadiem Makarim regarding the Independent Learning curriculum. This concept requires a response from educators to provide views on the program. The writing of this article aims to describe the concept of positivism philosophy towards Indonesian language learning in the Merdeka Learning era. The method used is a literature study with data collection carried out by literature searches from relevant research for later analysis. The result of this article is the concept of positivism in learning Indonesian in the Merdeka Learning Era from the aspects of ontology, epistemology, and axiology.
Downloads
References
Bakker, Y. W. M. (1970). Indonesia 70. Majalah Impack.
Fatmi, Firman, & Rusdinal. (3 Maret2021). Merdeka Belajar pada Perspektif Pendidikan Kelurga di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Syntax Transformation, 2 (Social Sains).
Hardiman, F. B. (2004). Fislafat Modern dari Machievelli Sampai Niestzshe. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Kusumawardani, S. H. (2020). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan MOOCs. Universitas Gajahmada.
Musytansyir, R., & Misnal, M. (2014). Filsafat Ilmu. Pustaka Pelajar.
Sauri, S. (2010). Filsafat Ilmu Pendidikan Agama. Arfino Jaya.
Sudaryanto, dkk. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia.
Supena, I. (2005). Filsafat Ilmu Dakwah: Perspektif Filsafat Ilmu Sosial. Abshor.
Veerger, K. J. (1985). Realitas Sosial. Gramedia.
Wahono, R. S. (2020). Systematic Literature Review: Pengantar, Tahapan dan Studi Kasus..
Wibisono, K. (1983). Arti Perkembangan Menurut Filsafat Positivisme Auguste Comte. Gadjah Mada University Press.
Zaprulkhan. (2018). Filsafat Modern Barata Sebuah Kajian Tematik. IRCiSoD.
Copyright (c) 2022 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan kebijakan Akses Terbuka (Open Access Policy) di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Jurnal Ghancaran memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi, menyalin, dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun, dan menyesuaikan, mencampur ulang, mengubah, dan mengembangkan materi bahkan untuk kepentingan komersial, selama mencantumkan kredit dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. - Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut.
- Penulis diizinkan untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif).