MANAJEMEN STRATEGIK PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN PONDOK PESANTREN BABAKAN JAMANIS PARIGI PANGANDARAN

  • Neneng Nurmalasari STITNU Al Farabi Pangandaran
  • Imas Masitoh STITNU Al Farabi Pangandaran
Abstract views: 1071 , PDF downloads: 968

Abstract

This study describes an overview of the use of social media as a management marketing strategy at Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren Babakan Jamanis. The benefits of social media as a marketing tool in the world of education in the era of the 4.0 industrial revolution are the right choice because it is increasingly accessible to various groups. This research is qualitative research with data collection methods through observation, in-depth interviews, and documentation. The results show that the social media-based educational marketing strategy management is used, namely: Facebook, Instagram, and Youtube by first identifying in the community which then becomes an educational marketing strategy by highlighting the achievements of these institutions. The management of private education, supported by stakeholders and adequate facilities has provided a distinctive feature and strength in the management of educational marketing strategies at Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren Babakan Jamanis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adita. Arus Metamorposa milenial. Yogyakarta: Emest, 2018.

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2009.

Alma, Buchori dan Ratih Hurriyati. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima, Bandung: Alfabeta, 2007.

Arini, Robby, and Achmad Muhlis. "MANAJEMEN STRATEGIK MUTU REKRUTMEN TENAGA KEPENDIDIKAN DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA." re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 3, no. 1 (2020): 29-41.

Daryanto. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, cet. 1. Bandung: PT Sarana tutorial nurani sejahtera, 2011.

Harsanto, Budi. Inovasi Pembelajaran di Era Digital Menggunakan Geogle Sites dan Media Sosial. Bandung: Unpad Press, 2014.

Hasibuan, S.P. Malayu. Dasar-dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Hasibuan, S.P. Malayu. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Hidayat, Ara dan Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan; “Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah”, Bandung: Pustaka Educa, 2010.

Irianto, Yoyon Bakhtiar dan Eka Prihatin. Pemasaran Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2017.

Lupiyuadi, Rambat. Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Miliza, Ghazali. Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram (Panduan Menjama Pendapatan dengan Facebook dan Instagram), Malaysia: Publishing House, 2016.

Minarti, Sri. 2011 Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Rosda Karya, 2011.

Mubah, Hilmi Qosim. "PSIKOMANAJERIAL PERSONALIA PENDIDIKAN; MENGKONSTRUKSI PRODUKTIFITAS KERJA PERSPREKTIF IDENTIFIKASI KEMATANGAN PERSONAL." AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman 2, no. 2 (2019): 99-118.

Muhaimin. Manajemen Pendidikan; Aplikasi Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah-Cetakan Ke-4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Mulyasa, Enco. Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi, dan Implementasi, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2002.

Nurhadi, Ali "IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI BERBASIS PEMBIASAAN DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 1 GALIS PAMEKASAN." al-Afkar, Journal For Islamic Studies 3, no. 1, January (2020): 65-76.

Salbino, Sherief. Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula, Jakarta: Kunci Komunikasi, 2014.

Sedjati, Retina Sri. Manajemen strategi. Yogyakarta: Deepublish, 2012.

Sule, Ernie Trisnawati. Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana, 2005.

Syaodih, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2013.

Umiarso dan Imam Gojali. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, “Menjual Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Quality Control bagi Pelaku Lembaga Pendidikan”, Yogyakarta: IRCiSoD, 2010.

Published
2020-12-22
How to Cite
Nurmalasari, Neneng, and Imas Masitoh. 2020. “MANAJEMEN STRATEGIK PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN PONDOK PESANTREN BABAKAN JAMANIS PARIGI PANGANDARAN”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 3 (2), 120-28. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i2.3908.
Section
Articles