MANIFESTASI MANAJEMEN BUDAYA RELIGIUS DI SDN II PAGENDINGAN GALIS PAMEKASAN
Abstract
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama; bagaimana manajemen budaya religius di SDN II Pagendingan Galis Pamekasan?, Kedua; Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya religius di SDN II Pagendingan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama; Manajemen implementasi budaya religius di SDN II pagendingan melalui beberapa tahapan perencanaan, pengorganisasi dan pembagian tugas, dan dilakasanaan dalam bentuk kegiatan antara lain shalat dhuha berjama`ah, membaca juz amma sebelum pelajaran di mulai, membaca do`a sebelum belajar, shalat dhuhur berjama`ah, membaca do`a sebelum pulang sekolah, membaca Yasin dan istighasah pada hari jum`at manis, melakukan pondok ramadhan, melaksanakan maulid nabi, santunan anak yatim di bulan asyura, kegiatan hari santri, santunan anak yatim dibulan a`syura, dan manajemen evaluasi pada nilai budaya religius yang telah ditetapkan. Kedua; faktor pendukung implementasi budaya religius di SDN II Pagendingan Galis Pamekasan dalam implementasi budaya religius dapat dibedakan menjadi tiga faktor, yaitu: 1. Faktor guru, 2. Faktor siswa, dan 3. Faktor orang tua. Sedangkan faktor penghambat implementasi budaya religius di SDN II Pagendingan galis pamekasan dalam implementasi budaya religius terdiri dari dua faktor yaitu: 1. Faktor siswa, dan 2. Faktor orang tua.
Downloads
References
Alben, Ambarita, Manajemen Sekolah, Yogyakarta : Media Akademi. 2016.
Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Aziz, Misfaf Abdul danAhmad Masrukin, “Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk”. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual Volume 9, Nomor 3, Desember 2019. 379.
Barnawi & Mohammad Arifin, Buku Pintar Mengelola Sekolah (Swasta), Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Hariri, Hasan, dkk. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta : Media Akademi. 2016.
Jamaluddin, Pembelajaran Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Kompri, Manajemen Pendidikan Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah, Yokyakarta: Ar- Ruzz Media, 2017.
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualiatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara 2014.
Nusa Putra dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Putra, Rendiana Dwi, “Implementasi Budaya Religius Dalam Upaya Membentuk Perilaku Disiplin Siswa Di Smk Sunan Ampel Menganti Gresik”, Jurnal: Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 01, No. 01, Tahun 2017.
Sholihin, Muhlis, Psikologi Belajar, Surabaya: Pena Salsabila, 2013.
Soyomukti, Nurani, Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxies-Sosialis, Pasmodern, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Suyitno, “Strategi Pembentukan Budaya Religius Untuk Meningkatkan Karakter Islami Di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta”, EDUKASI : Jurnal Pendidikan, Vol 10, No.2, 2018.
Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Copyright (c) 2023 Faradila aini Umaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.