MANIFESTASI MANAJEMEN BUDAYA RELIGIUS DI SDN II PAGENDINGAN GALIS PAMEKASAN

  • Faradila aini Umaiyah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Abdul Aziz Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 120 , PDF downloads: 132
Keywords: Implementasi, Budaya, Religius

Abstract

Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama; bagaimana manajemen budaya religius di SDN II Pagendingan Galis Pamekasan?, Kedua; Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya religius di SDN II Pagendingan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama; Manajemen implementasi budaya religius di SDN II pagendingan melalui beberapa tahapan perencanaan, pengorganisasi dan pembagian tugas, dan dilakasanaan dalam bentuk kegiatan antara lain  shalat dhuha berjama`ah, membaca juz amma sebelum pelajaran di mulai, membaca do`a sebelum belajar, shalat dhuhur berjama`ah, membaca do`a sebelum pulang sekolah, membaca Yasin dan istighasah pada hari jum`at manis, melakukan pondok ramadhan, melaksanakan maulid nabi, santunan anak yatim di bulan asyura, kegiatan hari santri, santunan anak yatim dibulan a`syura, dan manajemen evaluasi pada nilai budaya religius yang telah ditetapkan. Kedua; faktor pendukung implementasi budaya religius di SDN II Pagendingan Galis Pamekasan dalam implementasi budaya religius dapat dibedakan menjadi tiga faktor, yaitu: 1. Faktor guru, 2. Faktor siswa, dan 3. Faktor orang tua. Sedangkan faktor penghambat implementasi budaya religius di SDN II Pagendingan galis pamekasan dalam implementasi budaya religius terdiri dari dua faktor yaitu: 1. Faktor siswa, dan 2. Faktor orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alben, Ambarita, Manajemen Sekolah, Yogyakarta : Media Akademi. 2016.

Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Aziz, Misfaf Abdul danAhmad Masrukin, “Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk”. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual Volume 9, Nomor 3, Desember 2019. 379.

Barnawi & Mohammad Arifin, Buku Pintar Mengelola Sekolah (Swasta), Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Hariri, Hasan, dkk. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta : Media Akademi. 2016.

Jamaluddin, Pembelajaran Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Kompri, Manajemen Pendidikan Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah, Yokyakarta: Ar- Ruzz Media, 2017.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualiatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara 2014.

Nusa Putra dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Putra, Rendiana Dwi, “Implementasi Budaya Religius Dalam Upaya Membentuk Perilaku Disiplin Siswa Di Smk Sunan Ampel Menganti Gresik”, Jurnal: Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 01, No. 01, Tahun 2017.

Sholihin, Muhlis, Psikologi Belajar, Surabaya: Pena Salsabila, 2013.

Soyomukti, Nurani, Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxies-Sosialis, Pasmodern, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.

Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Suyitno, “Strategi Pembentukan Budaya Religius Untuk Meningkatkan Karakter Islami Di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta”, EDUKASI : Jurnal Pendidikan, Vol 10, No.2, 2018.

Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Published
2023-06-07
How to Cite
Umaiyah, Faradila aini, and Abdul Aziz. 2023. “MANIFESTASI MANAJEMEN BUDAYA RELIGIUS DI SDN II PAGENDINGAN GALIS PAMEKASAN”. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 6 (1), 113-24. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v6i1.8922.
Section
Articles