Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

  • Rianita Agdiyanti Rukmana Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Madura
  • Moh Hafid Effendy Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Madura
Abstract views: 407 , PDF downloads: 612

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini meliputi transkip wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Matsratul Huda. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Tahapan penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan pendekatan saintifik pada tahap kegiatan awal meliputi mempersiapkan RPP, penguasaan materi, media alat peraga, dan mengkondisikan siswa, (2) tahap kegiatan inti meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, (3) tahap kegiatan penutup meliputi menyimpukan bersama-sama dan merefleksi kegiatan, dan (4) faktor pendukung meliputi sarana dan prasarana yang lengkap dan kesadaran siswa dalam belajar dengan giat serta mandiri. Selanjutnya, faktor penghambat meliputi siswa kurang bisa beradaptasi dengan pembelajaran saintifik dan pembelajaran sering tidak kondusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anna, H. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Konteks Multibudaya. Jurnal, Halu Oleo Kendari.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.

Budiyanto, A.K. (2017). Implementasi Pedekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang.Jurnal, Universitas Muhammadiyah Malang.

Bungin, B. (2006). Metode Penelitian Edisi Pertama. Jakarta, Kencana.

Djamarah, S.B. & Azwan Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lulu Pradita. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan. Jurnal, Universitas Sebelas Maret, Kebumen.

M. Hosnan. (2014). Pedekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Galia.

Majid, A. & Chaerul R. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulu 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Moleong, L.J. (2016). Metode penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Poerwadarminta. (2016). Kamus Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sani, R.A. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Published
2020-01-30
How to Cite
Rukmana, R. A., & Effendy, M. H. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 102-111. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v1i2.2893
Section
Articles