PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI MTS SUNAN KALIJAGA LARANGAN LUAR PAMEKASAN
Abstract
Peneltian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan menggunakan metode pembelajaran yang tidak membosankan dan membuat siswa lebih memahami dalam pembelajaran bahasa Indonesia, diantaranya menggunakan penerapan Cooperative Learning tipe Jigsaw. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian, yaitu:pertama, penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; kedua, kelebihan dari penerapan Cooperative learning tipe Jigsaw; dan ketiga, kendala yang dihadapi dari penerapan Cooperative Learning tipe Jigsawpada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Larangan Luar Pamekasan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan sumber datanya yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dengan menggunakan metode ini menunjukkan siswa lebih aktif dan antusias untuk berdiskusi dalam pelajaran.
Downloads
References
Buna’i. (2006). Metodologi penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Pamekasan.
Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong , Lexy J. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Prastowo, Adi. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta:
Ar Ruzz Media.
Suprijono, Agus. (2010).Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi paikem. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Taniradja, Tukiran. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Remaja
Rosdakarya.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.