KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA A. FUADI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap kesantunan berbahasa dalam novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini adalah catatan dokumentasi wujud pematuhan, pelanggaran prinsip kesantunan, dan skala kesantunan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan teknik catat. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis. Tahapan dalam penelitian ini meliputi membaca dan memahami percakapan antar tokoh, mengidentifikasi data kesantunan berbahasa, menandai percakapan antar tokoh, mengklasifikasi data, dan mendeskripsi data kesantunan. Hasil penelitian ini adalah wujud pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian. Wujud pelanggaran prinsip kesantunan barbahasa yang meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, pengharhgaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian. Skala kesantunan Leech dalam novel tersebut meliputi skala kerugian dan keuntungan, skala pilihan, skala ketidak langsungan, skala keotoritasan dan skala jarak sosial.
Downloads
References
Almanshur, F. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Aruzz Media.
Nurgiyantoro, B. (2012). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Reneka Cipta.
Djatmika. (2016). Mengenal Pragmatik Yuk!?. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Ibrahim, A.S. (2007). Pragmatik Sebuah Persepektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jumanto. (2017). Pragmatik Dunia Linguistik Tak Selebar Daun Kelor Edisi 2, Yogyakarta: Morfalingua.
Putrayasa, I.B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
_____________. (2013). Metodologi Penelitian Kualtatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, L.J.. (2012) Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_____________. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurlaksana, R.E. (2015). Analisis Wacana kajian teoritis dan Praktis.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muhammad. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Rahardi, K. (2000). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Satori, D. (2014). Metodologi penelitian kualitatif Teori dan praktik. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Priyanti, E.T. (2010). Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yule, G. (2014). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
_____________. (1996). Pragmatik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.