TELAAH TINGKAT KESULITAN TEKS EKSPOSISI DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA: EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK UNTUK SMA/SMK KELAS X KURIKULUM 2013

Dian Risdiawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan berdasarkan kompleksitas makna teks eksposisi yang terdapat pada buku siswa Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/SMK kelas X kurikulum 2013. Data berupa teks eksposisi yang bersumber pada buku teks. Data dianalisis dengan desain deskriptif kualitatif. Hasil analisis kompleksitas makna pada teks eksposisi kelas X pada bahan ajar Kurikulum 2013 lebih dominan pada bentuk pengimbuhan. Kata berimbuhan yang paling banyak muncul adalah kata yang mendapatkan imbuhan me-kan. Kata yang digunakan di dalam teks eskposisi mengarah ke tema teks. Teks eksposisi tersebut sesuai dengan tingkat berpikir siswa.

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. (2000). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Rineka Cipta.

Kebudayaan, K. P. dan. (2014). Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Edisi Revisi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegl, J. (1989). The Boundary Between Word Knowledge and World Knowledge. In Theoretical Issues in Natural Language Processing (pp. 28--33). Lauwrence Erlbaum.

Masnur, M. (2008). Tatabentuk Bahasa Indonesia, Kajian ke Arah Tatabahasa Deskriptif. Bumi Aksara.

Meier, P. (2007). Mind-Mapping a Tool for Elicting and Representing Knowledge Held by Diverse Informants. Social Researce Update, 52.

Pappas, C. C., Barbara, Z. K., & Linda, S. L. (1995). An Intergrated Language Perspective in Elementary School: Theory into Action (2nd ed). Longman.

Priyatni, E. T. (2014). Landasan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bumi Aksara.

Priyatni, E. T., & Harsiati, T. (2013). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Bumi Aksara.

Samsuri. (1985). Tata Kalimat Bahasa Indonesia. PT. Sastra Hudaya.

Sinatra, R. C., Stahl-Gemake, J., & Morgan, N. W. (1986). Using Semantic Mapping After Reading to Organize and Write Original Discourse. Jurnal of Reading, 30, 4–13.

Taylor, I. (1990). Psycholinguistics: Learning and Using Language. Prentice-Hall International, Inc.

Tjiptadi, B. (1984). Tata Bahasa Indonesia Cetakan III. Yudistira.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Agik Nur Efendi
Call/SMS/WA: 085732475307

E-mail :
ghancaran@iainmadura.ac.id

Lokasi Ghancaran