TELAAH TINGKAT KESULITAN TEKS EKSPOSISI DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA: EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK UNTUK SMA/SMK KELAS X KURIKULUM 2013

  • Dian Risdiawati IAIN Tulungagung
Abstract views: 82 , PDF downloads: 256

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan berdasarkan kompleksitas makna teks eksposisi yang terdapat pada buku siswa Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/SMK kelas X kurikulum 2013. Data berupa teks eksposisi yang bersumber pada buku teks. Data dianalisis dengan desain deskriptif kualitatif. Hasil analisis kompleksitas makna pada teks eksposisi kelas X pada bahan ajar Kurikulum 2013 lebih dominan pada bentuk pengimbuhan. Kata berimbuhan yang paling banyak muncul adalah kata yang mendapatkan imbuhan me-kan. Kata yang digunakan di dalam teks eskposisi mengarah ke tema teks. Teks eksposisi tersebut sesuai dengan tingkat berpikir siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, H. (2000). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Rineka Cipta.

Kebudayaan, K. P. dan. (2014). Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Edisi Revisi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegl, J. (1989). The Boundary Between Word Knowledge and World Knowledge. In Theoretical Issues in Natural Language Processing (pp. 28--33). Lauwrence Erlbaum.

Masnur, M. (2008). Tatabentuk Bahasa Indonesia, Kajian ke Arah Tatabahasa Deskriptif. Bumi Aksara.

Meier, P. (2007). Mind-Mapping a Tool for Elicting and Representing Knowledge Held by Diverse Informants. Social Researce Update, 52.

Pappas, C. C., Barbara, Z. K., & Linda, S. L. (1995). An Intergrated Language Perspective in Elementary School: Theory into Action (2nd ed). Longman.

Priyatni, E. T. (2014). Landasan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bumi Aksara.

Priyatni, E. T., & Harsiati, T. (2013). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Bumi Aksara.

Samsuri. (1985). Tata Kalimat Bahasa Indonesia. PT. Sastra Hudaya.

Sinatra, R. C., Stahl-Gemake, J., & Morgan, N. W. (1986). Using Semantic Mapping After Reading to Organize and Write Original Discourse. Jurnal of Reading, 30, 4–13.

Taylor, I. (1990). Psycholinguistics: Learning and Using Language. Prentice-Hall International, Inc.

Tjiptadi, B. (1984). Tata Bahasa Indonesia Cetakan III. Yudistira.

Published
2020-07-22
How to Cite
Risdiawati, D. (2020). TELAAH TINGKAT KESULITAN TEKS EKSPOSISI DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA: EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK UNTUK SMA/SMK KELAS X KURIKULUM 2013. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 8-16. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3193
Section
Articles