RAGAM PERTANYAAN DAN TEKNIK BERTANYA PENGAJAR BIPA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI KELAS

  • Gamal Kusuma Zamahsari Communication Science Department, Faculty of Economics & Communication, Bina Nusantara University
  • Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto IAIN Madura
  • Redhitya Wempi Ansori Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Abstract views: 207 , PDF downloads: 455

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam pertanyaan dan teknik bertanya pengajar BIPA dalam pembelajaran di kelas. Pendekatan dan desain penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar BIPA cenderung menuturkan ragam pertanyaan yang berupa pertanyaan referensial, pertanyaan pancingan, pertanyaan klarifikasi, pertanyaan konfirmasi, dan pertanyaan pemahaman. Aspek-aspek teknik bertanya yang baik dalam pembelajaran yaitu menjaga pemelajar tetap fokus pada proses tanya jawab, menyusun pertanyaan dengan sangat baik, menyediakan waktu tunggu, memberikan umpan balik yang positif, dan memeriksa jawaban untuk diperbaiki telah dilakukan oleh pengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astrid, A., Amrina, R. D., Desvitasari, D., Fitriani, U., & Shahab, A. (2019). The Power of Questioning: Teacher’s Questioning Strategies in the EFL Classrooms. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 3(1), 91–106. https://doi.org/10.22437/irje.v3i1.6601

Al-Zahrani, M., & Al-Bargi, A. (2017). The Impact of Teacher Questioning on Creating Interaction in EFL:. English Language Teaching, 10(6), 135-150. doi:10.5539/elt.v10n6p135

Bilotserkovets, M., & Gubina, O. (2019). Target Language Teaching by Means of E-Learning: A Case Study. Romanian Journal for Multidimensional Education / Revista Romaneasca pentru Educatie Multidimensionala, 11(4), 17-29.

Cullen, R. (1998). Teacher Talk and The Classrom Context. ELT Journal Oxford University, 52(3).

Gall, M. D., & Rhody, T. (1987). Review of Research on Questioning Techniques. In W. W. Willen, Question, Questioning Techniques, and Effective Teaching (p. 30). National Education Association US.

Hall, J. K. (2001). Methods for Teaching Foreign Languages. Merrill Prentice-Hall.

Hall, J. K., & Verplaetse, L. S. (2000). Second and Foreign Language Learning Through Classroom Interaction. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Harmer, J. (2017). The Practice of English Language Teaching 4th Edition. Pearson Longman.

Kurtz, S. M. (2017). Learner-centred communication training. Oxford textbook for communication in oncology and palliative care. Oxford University Press.

Lemke, J. L. (1990). Talking science: Language, learning, and values. ERIC.

Pica, T. D. (1985). Making Input Comprehensible: Do Interactional Modifications Help? TESOL Sumer Meeting, Georgetown University. Georgetown University.

Qashoa, S. H. (2013). Effects of teacher question types and syntactic structures on EFL classroom interaction. The International Journal of Social Sciences, 7(1), 52-62.

Richards, J. &. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Susanto, G. (2007). Kompetensi dan Profesionalisme Pengajar BIPA Ditinjau dari Sudut Pandang Pebelajar BIPA. Semiloka dan Konferensi Internasional BIPA. Jakarta.

Suyitno, I. (2004). Pengetahuan Dasar BIPA Pandangan Teoritis Belajar Bahasa. Grafika Indah.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Walqui, A. (2006). Scaffolding Instruction for English Language Learners: A Conceptual Framework. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 9(2), 159-180.

Walsh, S. (2013). Classroom discourse and teacher development. Edinburgh University Press.

Wrench, S. J. (2020). Communication, Affect, & Learning in the Classroom 4rd Edition. Creative Commons.

Yuqin, Z. &. (2010). A Study of Teacher Talk in Interaction in English Classes. Chinese Journal of Applied Linguistics, 33(2).

Zamahsari, G. K., Roffi’uddin, A. H., & Widodo, H. S. (2019). Implementasi Scaffolding dalam Pembelajaran BIPA di Kelas Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 68-78.

Published
2021-01-18
How to Cite
Zamahsari, G. K., Putikadyanto, A. P. A., & Ansori, R. W. (2021). RAGAM PERTANYAAN DAN TEKNIK BERTANYA PENGAJAR BIPA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI KELAS. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 125-132. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3912
Section
Articles