STRATEGI SOSIOAFEKTIF PEMELAJAR LAOS PADA KURSUS BAHASA INDONESIA DI KBRI VIENTIANE

  • Mufidah Nur Amalia Bina Nusantara University
Abstract views: 317 , PDF downloads: 392

Abstract

Pemelajar asing yang belajar bahasa Indonesia menggunakan strategi guna mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu strategi yang digunakan oleh pemelajar asing dalam belajar bahasa Indonesia, yaitu strategi sosioafektif. Strategi sosioafektif tersebut berhubungan dengan interaksi pemelajar dengan lingkungannya untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi sosioafektif yang digunakan oleh pemelajar Laos pada saat Kursus Bahasa Indonesia di KBRI Vientiane. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemelajar Laos tingkat pemula. Lokasi penelitian berada di KBRI Vientiane-Laos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sosioafektif yang digunakan pada saat Kursus Bahasa Indonesia, yaitu (1) kerja sama, (2) bertanya untuk mengklarifikasi, dan (3) bicara kepada diri sendiri. Ketiga hal itu dilakukan guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan maksimal karena pada dasarnya manusia terlahir sebagai makhluk sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, A. (2015). Socio-Affective Learning Strategies Used in Speaking III by The English Department Students of Stain Batusangkar . Jurnal Basis, 2(2), 79–88. http://113.212.163.133/index.php/basis/article/view/428

Brown, H. D. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. (Terjemahan Noor Cholis dan Yusuf Avianto Pareanom). Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Ghazali, A. S. (2013). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua. Banyu Media Publishing.

Hariyanto, S. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Huda, N. (1999). Menuju Pengajaran Bahasa Berbasis Strategi Belajar: Implikasi Kajian Strategi Belajar Bahasa Kedua. IKIP Malang.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Penerbit Nuansa.

Kemdikbud. (2019, July 5). Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Pemerintah Terus Kirim Tenaga Pengajar BIPA ke Luar Negeri. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/upaya-internasionalisasi-bahasa-indonesia-pemerintah-terus-kirim-tenaga-pengajar-bipa-ke-luar-neger

Liliweri, A. (2013). Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Pustaka Pelajar. btnG=

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

O’malley, J., O’Malley, M., Chamot, A., & O’Malley, J. (1990). Learning strategies in second language acquisition. Cambridge University Press.

Rais, M., & Aryani, F. (2019). Pembelajaran Reflektif.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108

Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam , 2(2), 221–232.

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033

Published
2021-01-18
How to Cite
Amalia, M. N. (2021). STRATEGI SOSIOAFEKTIF PEMELAJAR LAOS PADA KURSUS BAHASA INDONESIA DI KBRI VIENTIANE. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 133-140. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3917
Section
Articles