AKTUALISASI BAHASA JAWA YOUTUBER UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA JAWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan menentukan bentuk pemertahanan bahasa Jawa dan yang sesuai dengan masa pandemi Covid-19. Data dalam penelitian ini dijaring dengan menggunakan metode simak. Analisis data dilakukan melalui dua prosedur, yaitu (1) analisis selama proses pengumpulan data dan (2) analisis setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan 1)bahwa bentuk pemertahanan bahasa Jawa yang telah diupayakan pemerintah melalui media massa Televisi dan media cetak; pembelajaran di kelas dan; kegiatan ilmiah maupun nonilmiah berupa lomba festival, seminar dan lokakarya perlu beradaptasi dengan kedaan saat ini; 2) youtuber dengan konten berbahasa Jawa meraih kusuksesan dengan pengikut yang banyak; 3) lomba konten youtube berbahasa Jawa menjadi upaya alternative yang menjanjikan, jangkauan yang luas dan berbiaya murah.
Downloads
References
Gumperz, J.J. 1971. Language in Social Groups. Stanford: Stanford University Press.
Fasold, R.W. 1984. The Sociolinguistcs of Society. Oxford: Basil Blackwell.
Ferguson, Gibson. 2006. Language Planning and Education . Edinburg: Edinburg University Press Ltd.
Hanna. 2012. "Bahasa Daerah Pada Era Globalisasi Peluang Dan Tantangan ." International Seminar "Language Maintenance and Shift II. Semarang : Master Program in Linguistics, Diponegoro University in Collaboration With Balai bahasa Jawa Tengah. 1-8.
N, Eduardus Swandy. 2017. "Bahasa Gaul Remaja dalam Media Sosial Fecbook." Jurnal Bastra 1-19.
Mbete, Aron Meko. 2010. "Strategi Pemertahanan Bahasa-Bahasa Nusantara." Seminar Internasional Language Maintenance and Shift. Semarang: Program Pascasarjana Linguistik Universitas Diponegoro. 1-11.
Aribowo, Eric Kunto. 2015. "Pemanfaatan Smartphone semaksimal Mungkin : Digitalisasi Produk Kebahasaan ke dalam aplikasi sebagai Solusi Mitigasi Pergeseran Bahasa Jawa." Magistra 21-28.
Nurhayati, Endang, and Hesti Mulyani dan Suwardi Mulyana. 2013. "StrategiPemertahananBahasaJawadiProvinsiDaerahIstimewaYogyakarta." Lentera, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 159-166.
Adinatha, Giovani Julia, and Saras fairus hemas. 2017. "Variasi Bentuk Penamaan Badan usaha Berbahasa jawa: strategi Pemertahanan Bahasa Jawa di Kota Semarang." International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS)7. Semarang: Master Program in Linguistics, Diponegoro University in Colaboration With Balai Bahasa Jawa Tengah. 227-233.
aribowo, Erik Kunto. 2015. "Pemanfaatan smart Phone Semaksimal Mungkin: Digitalisasi Produk Kebahasaan Ke Dalam Aplikasi Sebagai solusi Mitigasi Pergeseran Bahasa Jawa ." Magistra 21-28.
Aini, Miza Rahmatika. 2013. "Kesenian Jaranan sebagai Bentuk Pemertahanan Bahasa Jawa." International Seminar Language Maintenance and Shift III . Semarang: Master Program In Lingusitics Diponegoro University in Collaboration With Balai Bahasa Privinsi Jawa Tengah. 305-308.
Mardikantoro, Hari Bakti. 2016. "Pemertahanan Bahasa Jawa dalam Pertunjukkan Kesenian Tradisional di Jawa tengah." LITERA 269-280.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.