Model Pembelajaran Literacy Circle sebagai Inovasi Pembelajaran Menulis Puisi di Era Merdeka Belajar
Abstract
Model pembelajaran Literacy Circle merupakan model pembelajaran yang dikembangkan dengan menekankan kegiatan literasi dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dalam menulis puisi secara kreatif dan kolaboratif. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan model pembelajaran Literacy Circle sebagai inovasi pembelajaran menulis puisi di era merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dikemas dengan berfokus pada pelibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan peserta didik melalui proses pembelajaran menulis puisi untuk mengembangkan potensi diri, keterampilan literasi, serta keterampilan sosial. Kegiatan model pembelajaran literacy circle yang dikembangkan tersebut sejalan dengan tujuan dan prinsip penerapan merdeka belajar. Pembelajaran memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berliterasi dalam proses menulis puisi sehingga mendapatkan pengalaman yang bermakna untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya. Dengan demikian, model pembelajaran Literacy Circle dapat menjadi salah satu referensi dan inovasi bagi pendidik dalam menyajikan pembelajaran menulis puisi di era merdeka belajar.
Downloads
References
Aksyah, W. O. S. (2018). Peningkatan keterampilan menulis karangan puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui media gambar. Jurnal Ideas, 04(01), 1–6. Retrieved from https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/59/15
Anggriani, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Kolaborasi Metode SSCS dan Media Audio Visual. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2). Retrieved from https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.201-212.2020
Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Jurnal Instruksional, 3(1), 1–17. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/10329/5907
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial ( Instagram ) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/11602
Gayatri, C. (2018). Analisis Makna Bahasa Puisi Chairil Anwar pada Kumpulan Puisi Kerikil Tajam dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Universitas Mataram. Retrieved from http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10441%0A
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.13-26
Helmiati. (2012). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Juniar, D. T., Rohyana, A., & Rahmat, A. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok dalam Meningkat Pemahaman dan Aktivitas Belajar Mahasiswa. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(1), 15. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/381
Kantun, S., Herlindawati, D., & Oktavisanti, M. L. (2021). Merancang RPP Inovatif dalam Program Merdeka Belajar pada MGMP IPS SMP Se-Kabupaten Jember. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.29
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Jurnal Semiba, 1(1), 211–222. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Martha, N. U., & Krisnawati, V. (2020). Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6 Purwokerto. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers (p. 448). Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman. Retrieved from http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/viewFile/1446/1250
Mursini. (2002). Model Pembelajaran Menulis, 1–12. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas/article/view/2442/0
Nurgiantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Yogyakarta: BPFE.
Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Inkuiri dan Latihan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 316096. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/2399
Qasim, M., & Maskiah. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Diskursus Islam, 04(3), 484–492. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234742963.pdf
Riana, R., & Sugiarti, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Seminar Nasional PIBSI Ke-42 : Peran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kerangka Merdeka Belajar pada Masa Pandemi Covid-19, 294–306. Retrieved from https://repository.usm.ac.id/files/proceding/A021/A021-20201225065132.pdf
Rosita, F. Y. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Timnas untuk Menulis Puisi Siswa SMP Kelas VIII. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature, 4(1), 35–46. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/5481
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122. Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1597
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte
Triningsih, D. E. (2018). Diksi (Pilihan Kata). Klaten: Macanan Jaya Cemerlang.
Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jibs.v4i1.1946
Ulfah, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 75–82. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1730
Ulfah, A. (2019). Teaching Material Development of Bahasa Indonesia Course as a Way to Develop the Lectures’ Professional Development. KnE Social Sciences, 3(10), 532. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3942
Ulfah, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra …, (4), 410–423. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3703/3666
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umbaryati. Prisma, 218–221. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Waluyo, H. J. (2008). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Kwangsan, 4(2), 67. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80
Yarsama, K. (2021). Urgensi Merdeka Belajar–Kampus Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Abad Ke-21. Bulan Bahasa 2021, 1–13. Retrieved from http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1977/
Copyright (c) 2022 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.