Implementasi Kecakapan Logika dan Kreativitas melalui Humor dalam Materi Teks Anekdot Kelas X SMA dengan Kurikulum Merdeka

  • Redhitya Wempi Ansori Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Abdul Charis Fauzan Ilmu Komputer, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Malinda Fatmawati Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Abstract views: 383 , PDF downloads: 356
Keywords: Kecakapan Logika dan Kreativitas, Teks Anekdot, Kurikulum Merdeka

Abstract

The research aim to describe  The profiency of logic and creativity in class X anecdotal text material developed in the independent curriculum. The approach and design in this research is qualitative with text analysis as the research objective in the form of content analysis. The results of the study show that the aspects of creativity are accommodated and creativity in learning is related to anecdotal text material in the independent curriculum. Moreover, the exploration of its development is quite explorative by linking anecdotal text material with comedic art that is currently popular, namely stand up comedy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Dermansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. PT Bumi Aksara.

Gumilar, S. I., & Aulia, F. T. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog.

Harijanti, S. (2020). Makna Tersirat dalam Teks Anekdot Bahasa Indonesia Kelas X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Hoang, T. N. (2005). The Philosophy of Humor. https://www.academia.edu/9819670/The_Philosophy_of_Humor

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172.

Nurhadi. (2017). Handbook of writing: Panduan Lengkap Menulis. PT Bumi Aksara.

Nurmanarina, T. (2022, November 21). Bagaimana Saya Menulis? | Narabahasa. https://narabahasa.id/nawala-narabahasa/bagaimana-saya-menulis

Paulus Ari Subagyo. (2008). Beberapa Permainan Bahasa dan Permainan Logika dalam Humor SMS. Sintesis, Vol 6, No 2 (2008), 154–167.

Puspitasari, A. C. D. D. (2020). Kreativitas Peserta Didik Anak Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Scientific. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02).

Raditya, L. (2021, Agustus). Tips Bikin Materi Stand Up Comedy: Nulis Komedi yang kayak Bikin Skripsi—Terminal Mojok. https://mojok.co/terminal/tips-bikin-materi-stand-up-comedy-nulis-komedi-yang-kayak-bikin-skripsi/

Romadhon, R. (2021, Desember). Pentingnya Data dan Informasi bagi Kesuksesan Sebuah Perusahaan | SoftwareSeni—Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website, Mobile Apps (Android & iOS), dan Toko Online. https://www.softwareseni.co.id/.

Sidharta, A. (2020). Pengantar Logika-Sebuah Langkah Pertama Pengenalan Medan Telaah. PT Refika Aditama.

Suriasumantri, J. S. (1995). Filsafat ilmu: Sebuah pengantar populer. Pustaka Sinar Harapan.

Warsono. (2022). Logika Cara Berpikir Sehat. PT Raja Grafindo Persada.

Yuliarti, Y. (2018). Kreativitas Mahasiswa dalam Mengembangkan Paragraf melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan PBL. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(1), 42–46.

Zamahsari, G.K., Putikadyanto, A. P. A., dan Maulana, F. I. (2020) "The Contribution of Assessment Platform Technology to Promote Teacher’s Work in Schools." 2020 6th International Conference on Interactive Digital Media (ICIDM). Bandung, Indonesia. pp. 1-5.

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa (Vol. 16, No. 1, pp. 1-14).

Published
2023-01-17
How to Cite
Ansori, R. W., Fauzan, A. C., & Fatmawati, M. (2023). Implementasi Kecakapan Logika dan Kreativitas melalui Humor dalam Materi Teks Anekdot Kelas X SMA dengan Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 374—385. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7836