Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Mading Digital Padlet pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pamekasan
Abstract
Penelitian ini berjudul “Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Mading Digital Padlet Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pamekasan.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model VCT berbantuan mading digital padlet berpengaruh pada materi teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMPN 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental one group pre-test post-test. Purposive sampling digunakan dalam penelitian dengan melibatkan 30 siswa dari kelas VIII C. Sumber data mencakup primer dan sekunder. Instrumen penelitian berupa soal tes (kognitif) dan non tes (psikomotorik dan afektif). Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasilnya menunjukkan bahwa model VCT berbantuan mading digital padlet berpengaruh positif pada materi teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMPN 5 Pamekasan, terbukti dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05.
Downloads
References
Arifin, M.Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology. 1(2), 37—46.
Astuti, M.T. (2019). Yuk Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi Hingga Teks Tanggapan. Bandung: Penerbit Duta.
Danugroho, A. (2022). Pendidikan dalam Kacamata Ketahanan Nasional. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Ekasari, PN. (2017). Pembelajaran Berbasis Nilai Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model VCT (Value Clarification Technique). Sejarah dan Kebudayaan: Jurnal Sejarah, Kebudayaan, dan Pengajarannya. 11(2), 192—198.
Fitriani, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Padlet dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 4(1), 1—15.
Fitro, E. Z., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2022). Penerapan LKPD IPA Berbantuan Aplikasi Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 6(1), 31—37.
Handayani, W. S. (2022). Penggunaan Padlet dalam Mereviu Buku untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 499—520. DOI: 10.26811/didaktika.v6i2.700
Ibda, H., Syamsi, I., & Rukiyati, R. (2023). Professional elementary teachers in the digital era: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 12(1), 459—467. DOI: 10.11591/ijere.v12i1.23565.
Inah, E.N. (2013). Peranan Komunikasi dalam Pendidikan. AI-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. 6(1), 176—188.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, diakses dari https://kbbi.web.id/observasi, pada tanggal 9 September 2023 pukul 08.00 WIB.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 (Jakarta, 2022).
Laia, E. (2023). Analisis Struktur Teks Laporan Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Susua Tahun Pelajaran 2021/2022. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2), 13—23.
Mardliyah, A.A. (2019). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 1, pp. 171—176).
Nasution, S., Nurbati, & Arfannudin. (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII. Bandung: Guepedia.
Permatasari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Sikap Demokratis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(16), 1.582—1.588.
Ponidi, et al., (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2020). Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Prosiding Samasta.
Setiawati, S.M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. 35(1), 31—46.
Sirait, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Kejujuran dan Prestasi Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. 13(1), 164—173.
Siskaliani, Jeranah, & Ramadhana, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dengan Menggunakan Media Padlet Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMA YP PGRI 3 Makassar. ARITMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika STKIP YPUP Makassar. 1(2), 80—86.
Siswinarti, Pt.R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 2(1), 41—49.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W.B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan. 20(01), 53—68.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.
Ulumudin, I., et al. (2019). Pemanfaatan Penilaian Hasil Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wibowo, A. (2015). Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai dalam Meningkatkan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran PKN. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia). 2(1), 66—82. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4525.
Wulandari, D & Kurniawan, M.I. (2023). Pengaruh Model VCT (Value Clarification Technique) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. 4(2), 578—585.
Zein, M.F. (2021). Membangun Indonesia dengan Adab Sebelum Ilmu Pendidikan dan Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Mohamad Fadhilah Zein Digital Publishing.
Zuchdi, D. (2008). Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2023 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.