Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar Karya Haidar Musyafa: Perspektif Diane Tillman
Abstract
Novel Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar merupakan novel yang ditulis oleh Haidar Musyafa. Novel ini mengisahkan tentang kehidupan bapak pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Perjuangan Ki Hadjar dan pemuda Indonesia diceritakan dalam novel ini mulai dari terbentuknya Boedi Oetomo, tamansiswa hingga kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk nilai-nilai pendidikan dalam novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa Perspektif Diane Tillman. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang diperoleh melalui novel Ki Hadjar Sebuah Memoar. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan membaca dan mencatat. Dalam menganalisis data pada novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa, peneliti melakukan beberapa tahapan, yaitu: mengidentifikasi, mengklasifikasikan, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan/keajengan pengamatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa novel ini kaya akan nilai pendidikan.
Downloads
References
Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Latif, Mukhtar. (2014). Filsafat Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Luxemburg, Jan Van, dkk. (1986). Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Muhmidayelli. (2013). Filsafat pendidikan. Bandung: Refrika Aditama.
Musyafa, Haidar. (2017). Ki Hadjar Sebuah Memoar. Tangerang Selatan: Imania.
Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan
Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Qomar, Mujamil. (2012). Kesadaran Pendidikan Sebuah Penentuan Keberhasilan
Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sedana Arta, Ketut. (2015). Sejarah Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Simbolon, Lamganda H. (2018). “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel KEMAYORAN KARYA NH. DINI: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA”, (Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan).
Siswanto. (2015). Filsafat dan Pemikiran Pendidikan Islam. Surabaya: Pena Salsabila.
Siswantoro. (2016). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soharab, Vivi Zulfianti. (2017). “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sabtu Bersama
Bapak Karya Adhitya Mulya.” Jurnal Bastra, 3(3).
Sukardi. (2003).Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Kasara.
Suyitno. (2014). Kajian Novel dalam Spektroskop Feminisme dan Nilai Pendidikan.
Yogyakarta: Garaha Ilmu.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikoklogi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT
Remaja Rosda Karya.
Wellek, Rene dan Austin Warren. (2016).Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.