Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar Karya Haidar Musyafa: Perspektif Diane Tillman

  • Imam S. Arifin Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura
  • Iswah Adriana Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura
Abstract views: 550 , PDF downloads: 411

Abstract

Novel Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar merupakan novel yang ditulis oleh Haidar Musyafa. Novel ini mengisahkan tentang kehidupan bapak pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Perjuangan Ki Hadjar dan pemuda Indonesia diceritakan dalam novel ini mulai dari terbentuknya Boedi Oetomo, tamansiswa hingga kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk nilai-nilai pendidikan dalam novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa Perspektif Diane Tillman. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang diperoleh melalui novel Ki Hadjar Sebuah Memoar. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan membaca dan mencatat. Dalam menganalisis data pada novel  Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa, peneliti melakukan beberapa tahapan, yaitu: mengidentifikasi, mengklasifikasikan, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan/keajengan pengamatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa novel ini kaya akan nilai pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Latif, Mukhtar. (2014). Filsafat Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Luxemburg, Jan Van, dkk. (1986). Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Muhmidayelli. (2013). Filsafat pendidikan. Bandung: Refrika Aditama.

Musyafa, Haidar. (2017). Ki Hadjar Sebuah Memoar. Tangerang Selatan: Imania.

Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan

Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Qomar, Mujamil. (2012). Kesadaran Pendidikan Sebuah Penentuan Keberhasilan

Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sedana Arta, Ketut. (2015). Sejarah Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Simbolon, Lamganda H. (2018). “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel KEMAYORAN KARYA NH. DINI: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA”, (Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan).

Siswanto. (2015). Filsafat dan Pemikiran Pendidikan Islam. Surabaya: Pena Salsabila.

Siswantoro. (2016). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soharab, Vivi Zulfianti. (2017). “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sabtu Bersama

Bapak Karya Adhitya Mulya.” Jurnal Bastra, 3(3).

Sukardi. (2003).Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Kasara.

Suyitno. (2014). Kajian Novel dalam Spektroskop Feminisme dan Nilai Pendidikan.

Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Syah, Muhibbin. (2014). Psikoklogi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT

Remaja Rosda Karya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. (2016).Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Published
2019-07-31
How to Cite
S. Arifin, I., & Adriana, I. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar Karya Haidar Musyafa: Perspektif Diane Tillman. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 26-40. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v1i1.2948
Section
Articles