Tindak Tutur Masyarakat di Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur dalam kegiatan masyarakat di lingkungan keluarga yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana jenis tindak tutur di lingkungan keluarga masyarakat Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan; kedua, bagaimanakah wujud tindak tutur di lingkungan keluarga masyarakat Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui metode simak libat bebas cakap, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi atau teknik lanjutan rekam dan catat. Informannya adalah masyarakat di lingkungan keluarga Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan pada bulan Desember 2018 s.d Januari 2019. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, jenis tindak tutur yang terjadi dalam kegiatan masyarakat di lingkungan keluarga ini berjenis tindak tutur yang ditemukan meliputi, tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi (dengan subjenis asertif atau representatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif), dan tindak tutur perlokusi. Kedua, wujud tindak tutur yang terjadi dalam kegiatan masyarakat di lingkungan keluarga ditemukan dengan meliputi: jenis tindak tutur lokusi, yaitu pernyataan, perintah, dan pertanyaan.
Downloads
References
Arifiany, Nurinna dkk. (2016). Pemaknaan Tindak Tutur Direktif. Jurnal, Semarang: Universitas Diponegoro.
Aslinda dan Leni Syafyahya. (2010). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT. Refika Aditama.
Bonandari, Reki. (2015). Analisis Tindak Tutur dalam Kegiatan Diskusi Pada Pembelajaran Berbicara Kelas X SMA N 1 Sewon. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta.
Buna’i. (2006). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pamekasan: STAIN Pamekasan Press.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
------. Linguistik Umum. (2003). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cummings, Louise. (2007). Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dina Puspita Sari, Fenda. Tindak tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Galau Nite di Metro TV: Suatu Kajian Pragmatik. Jurnal.
Djatmika. (2016). Mengenal Pragmatik Yuk!?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahsun. (2006). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pangaribuan, Tagor. (2008). Paradigma Bahasa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Parare. (2004). Teori Semantik Edisi Kedua. Jakarta: PT. Erlangga.
Putrayasa, Ida Bagus. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Putu Wijana, Dewa dan Rohmadi, Muhammad. (2013). Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahardi, Kunjana. (2010). Kajian Sosiolinguistik: Ihwal Kode dan Alih Kode. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
------. (2008). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Erlangga.
Rusminto, Nurlaksana eko. (2015). Analisis Wacana; Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suandi, Nengah. (2014)Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumarsono. (2012). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutrisno, dkk. Susrawan. Analisis Tindak Tutur Pedagang dan Pembeli di Pasar Pemangkat Kabupaten Sambas. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untan.
Yule, George. (2015)Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
------. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuliana, Rina dkk. (2013). Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basastra pendidikan, Vol. 2, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.